Dua Wilayah di Kabupaten Malang Dihantam Bencana Pohon Tumbang | Berita Terbaru Hari ini

Close

Dua Wilayah di Kabupaten Malang Dihantam Bencana Pohon Tumbang

Dua Wilayah di Kabupaten Malang Dihantam Bencana Pohon Tumbang Bencana di Wagir

MALANG - Bencana alam masih menghantui wilayah Kabupaten Malang. Minggu (24/2) sore, dua wilayah dihantam bencana pohon tumbang dan tanah longsor. Yakni di Kecamatan Wagir serta Kecamatan Kasembon.


Di Wagir, hujan deras disertai angin, menerjang Desa Pandanrejo dan Desa Gondowangi. Di Desa Pandanrejo, beberapa atap rumah warga rusak. Termasuk beberapa pohon tumbang, salah satunya menimpa rumah Yulianto, warga sekitar.


Sedangkan di Desa Gondowangi, pohon besar tumbang ke badan jalan. Selain memutuskan kabel listrik, pohon yang berada di depan rumah Susiana, juga sempat memutuskan arus lalu lintas. Akses jalan menuju Desa Sukodadi, menjadi terhambat karena melintang di tengah jalan.
"Tidak sampai ada korban jiwa ataupun luka. Pohon tumbang hanya mengakibatkan arus lalu lintas terhambat. Setelah dibersihkan, arus kembali normal," ujar Mudji Utomo, Kasubsi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Malang.


Menurutnya, pohon tumbang terjadi sekitar pukul 15.00. Saat itu wilayah Kecamatan Wagir, diguyur hujan deras disertai angin. Mungkin karena tidak kuat menahan terpaan angin, pohon pinggir jalan tersebut langsung tumbang.
"Pembersihan pohon dan pembetulan kabel listrik, berlangsung sampai malam hari. Karena jika tidak segera dibetulkan, kabel listrik membahayakan warga yang melintas," jelasnya.


Sementara di Kecamatan Kasembon, hujan deras disertai angin mengakibatkan tanah longsor di Dusun Baran, Desa Pait, Kasembon.
Tanah plengsengan ternak sapi yang ada di belakang rumah Ngadi, longsor lantaran tidak kuat menahan gerusan air hujan. Longsoran tanah tersebut menimba bangunan ruang dapur serta bangunan kandang sapi milik Sugito, warga sekitar.


Meskipun tidak sampai ada korban jiwa ataupun luka, namun kerugian cukup besar yakni ditafsir sekitar Rp 20 juta.
"Kejadian tanah longsor berselang sekitar dua jam setelah bencana menimpa Kecamatan Wagir. Pasca kejadian, anggota PMI dibantu petugas BPBD dan warga sekitar langsung bersama-sama membersihkan tanah longsoran," terang Mudji Utomo.


Dengan dua kejadian


BERITA TERKAIT