Empat Pabrikan Protes Winglet Pada Motor Ducati, Hasilnya Dovizioso Tetap Juara | Berita Terbaru Hari ini

Close

Empat Pabrikan Protes Winglet Pada Motor Ducati, Hasilnya Dovizioso Tetap Juara

  • 2019-03-11
  • Editor :junaedi
  • dibaca :831
Empat Pabrikan Protes Winglet Pada Motor Ducati, Hasilnya Dovizioso Tetap Juara Andrea Doviziono dengan motor Ducati yang menyematakan winglet dan diprotes empat pabrikan lainnya.(dok.afp)

QATAR -Dominasi pembalap Ducati Adera Dovizioso pada seri pertama MotoGP Qatar 2019 diprotes empat tim pabrikan. Itu terkait penggunaan winglet di motor Ducati. Namun Steward MotorGP menolak protes itu dan tetap menganggap juara pada race Minggu (10/3) waktu setempat.

Usai Dovi meraih podium pertama pada ajang balap itu, sempat muncul keraguan. Hal itu karena empat tim pabrikan yakni Aprilia, KTM, Honda, dan Suzuki memprotes paket aerodinamika yang disematkan Ducati pada motor Dovi.

Keempat pabrikan itu memprotes penggunaan winglet di depan ban belakang di motor Ducati, baik yang ditunggangi Dovizioso maupun Danilo Petrucci. 

Dikutip dari Motorsport, investigasi pun langsung dilakukan oleh Steward MotoGP usai balapan. Namun, delegasi teknik MotoGP memastikan winglet di motor Dovi dan Danilo Petrucci tidak melanggar aturan.

"Berdasarkan pedoman dan peraturan yang berlaku saat ini, Steward MotoGP menolak protes tersebut," bunyi pernyataan dari pihak MotoGP, usai gelaran yang berlangsung Senin dini hari WIB ini.

Keputusan itu juga menyatakan Dovizioso tetap menjadi juara seri perdana MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Losail. Petrucci juga tetap berada di peringkat keenam dalam balapan MotoGP Qatar.

Dovi memenangi lomba MotoGP Qatar 2019 setelah duel sengit di penghujung race dengan Marc Marquez. Meski sempat disalip Marquez, rider asal Italia itu tetap finis terdepan di Sirkuit Losail.

Pebalap berusia 32 tahun itu unggul 0,023 detik dari Marquez. Sementara podium ketiga MotoGP Qatar 2019 ditempati pebalap LCR Honda Cal Crutchlow.
 


BERITA TERKAIT

close