OTT KPK di Jatim Ada Enam Orang Termasuk Ketum PPP | Berita Terbaru Hari ini

Close

OTT KPK di Jatim Ada Enam Orang Termasuk Ketum PPP

  • 2019-03-15
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1959
OTT KPK di Jatim Ada Enam Orang Termasuk Ketum PPP Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah.(dok.cnn-indonesia)

JAKARTA -Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) menyebut ada enam orang yang terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jawa Timur (Jatim) termasuk Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Rommy. Mereka kini telah diboyong ke Jakarta untuk pemeriksaan selanjutnya. 

"Sedang dalam perjalanan dari Surabaya ke Jakarta dibawa 6 orang," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (15/3).

KPK menyebutkan unsur-unsur jabatan mereka yang ditangkap adalah anggota DPR, swasta, dan pejabat Kementerian Agama di daerah. KPK menduga ada transaksi suap yang dilakukan orang-orang tersebut. Suap itu, disebut Febri, terkait pengisian jabatan di Kemenag pusat dan daerah.

Sedangkan status hukum Rommy dan mereka yang ditangkap masih sebagai terperiksa. KPK memiliki waktu 1 x 24 jam sebelum menentukan status hukum Rommy Cs.

"Tim KPK sedang dalam perjalanan dari Surabaya ke Jakarta melalui jalur udara. Tadi rencana akan dibawa enam orang ke kantor KPK untuk proses lebih lanjut," kata Febri.

OTT ini diduga berkaitan pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). KPK juga sudah mengamankan sejumlah barang bukti berupa uang dalam mata uang rupiah

Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo uang tersebut tidak terlalu banyak. Ia enggan merinci jumlahnya.

"Uang, uangnya tidak banyak," kata Agus.

Ia menyatakan KPK juga sudah melakukan pengintaian sejak lama terkait kasus ini. Pengintaian dilakukan sejak lembaga antirasuah itu menerima laporan terkait pengisian jabatan di Kementerian Agama itu.

"Ya kita enggak sampai tahunan, kita terima laporan, laporannya kita verifikasi, kemudian dari verifikasi memang keliatannya ada alat bukti permulaan," kata Agus.


BERITA TERKAIT