Kenali Jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkannya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Kenali Jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkannya

  • 2019-03-22
  • Editor :goly
  • dibaca :1320
Kenali Jenis Kecerdasan Anak dan Cara Mengembangkannya Ilustrasi

KLIKAPA -  Kecerdasan anak yang selama ini dikenal orang tua, umumnya terbatas hanya pada aspek yang itu-itu saja. Misalnya, kecerdasan logika matematika, yakni kemampuan anak mengenal angka dan cakap berhitung dengan cepat.

Padahal, menurut Howard Gardner, Ph.D, pakar psikologi dari Amerika Serikat, kecerdasan mencakup banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari.
Bentuk kecerdasan menurut Horward Gardner, atau disebut juga multiple intelligences (kecerdasan majemuk), adalah kecerdasan musikal, naturalis, linguistik, interpersonal, intrapersonal, visual spasial, logika matematika, kinestetik, dan kecerdasan moral.


Menurut profesor pendidikan dari Universitas Harvard itu, kecerdasan berkaitan dengan sekumpulan kemampuan unik seseorang. Tiap orang juga punya cara tertentu yang disukai untuk menunjukkan kemampuan intelektualitas tersebut. Oleh karena itu, setiap orang tidak dapat disamakan. Cara yang dibutuhkan seseorang untuk mengeluarkan dan mengembangkan potensinya berbeda dari orang lain.


Orang tua pun tidak dapat hanya mengandalkan nilai rapor untuk mengetahui kecerdasan anak. Ketika anak Anda tidak menunjukkan kemampuan mengagumkan dalam pelajaran berhitung, misalnya, bisa jadi dia memiliki kecerdasan yang lebih tinggi di aspek lain. Hal inilah yang mesti distimulasi dan dikembangkan oleh orang tua.


Intinya, jangan sampai makna kecerdasan menjadi terbatas. Sebab pada kenyataannya, dalam diri anak bisa sangat banyak potensi yang bisa dikembangkan.
Agar makna kecerdasan anak tidak terhambat, penting bagi orang tua untuk tahu trik menstimulasinya. Berikut adalah sembilan kecerdasan pada anak dan masing-masing cara untuk mengembangkannya:


    Kecerdasan bahasa
Meliputi kemampuan mengolah kata, tata bahasa, serta menuangkan informasi dan ide menggunakan tulisan. Cara mengembangkannya adalah dengan bernyanyi, sering mengajak anak mengobrol, dan sering bermain kata.


    Kecerdasan logika matematika
Kecerdasan ini meliputi kemampuan berpikir logis, memahami sebab akibat, suka teka-teki, serta ketertarikan terhadap angka. Cara mengembangkannya dengan mengenalkan konsep angka dan berhitung sedini mungkin, mengajak anak melakukan permainan strategi, serta melakukan percobaan ilmiah


BERITA TERKAIT

close