Danau di Melbourne Berubah Warna Jadi Pink | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Danau di Melbourne Berubah Warna Jadi Pink

  • 31-03-2019
  • Editor :goly
  • dibaca :18105
Danau di Melbourne Berubah Warna Jadi Pink danau westgate park di melbourne berwarna pink. ©ABC

KLIKAPA - Selama beberapa pekan ini warga Kota Melbourne, Australia, tengah dihebohkan dengan fenomena alam unik berupa kemunculan "danau berwarna pink". Air di kolam garam Westgate Park berubah menjadi merah muda akibat meningkatnya kandungan alga yang menghasilkan pigmen warna merah jambu.


Fenomena ini mungkin terlihat seperti latar belakang swafoto yang sempurna, tetapi penjaga hutan di Melbourne memperingatkan wisatawan agar tidak berenang di danau merah muda itu, karena risiko infeksi mineral, demikian sebagaimana dikutip dari News.com.au, Jumat (29/3).


Objek wisata terbaru di Melbourne itu membuat para muda-mudi setempat berbondong-bondong datang untuk mengambil foto, dan bahkan memicu keriuhan yang mendorong penjagaan khusus oleh pihak keamanan.


Danau di Westgate Park sendiri awalnya merupakan kolam garam buatan manusia, yang dibuat untuk menggantikan ladang garam asli setempat.
Meningkatnya kandungan mineral akibat suhu udara yang naik, serta rendahnya curah hujan, menyebabkan ganggang tumbuh di danau tersebut, dan menghasilkan pigmen merah dalam ukuran masif.


Pigmen ini disebut beta karoten dan diproduksi sebagai bagian dari proses fotosintesis mereka.
Danau yang berlokasi tepat di samping jalan layan West Gate itu berubah warna menjadi merah muda sejak pekan lalu, dan diperkirakan akan tetap seperti itu hingga musim gugur, yang jatuh pada pertengahan April.


Meskipun ganggang merah tidak berbahaya bagi satwa liar setempat, namun para pengunjung telah diperingatkan untuk tidak bersentuhan dengan air danau.
Otoritas pertamanan negara bagian Victoria telah memperingatkan orang-orang yang ingin mengambil fot, untuk menjauh dari tepi danau.
"Alga yang tumbuh di kerak garam di dasar danau menghasilkan pigmen merah (beta karoten) sebagai bagian dari proses fotosintesisnya, dan itu juga sebagai respons terhadap kadar garam yang sangat tinggi," ujar Phil Pegler, manajer perencanaan konservasi negara bagian Victoria, lapor surat kabar Herald Sun.


"Pengunjung sebaiknya menghindari kontak dengan air


BERITA TERKAIT