Tol Pandaan - Malang Gratis Sepekan setelah Itu Tarifnya Rp 1.000/Kilometer | Berita Terbaru Hari ini

Close

Tol Pandaan - Malang Gratis Sepekan setelah Itu Tarifnya Rp 1.000/Kilometer

  • 2019-05-12 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3054
Tol Pandaan - Malang Gratis Sepekan setelah Itu Tarifnya Rp 1.000/Kilometer Jalan tol Pandaan - Malang (Singosari) yang akan diresmikan Presiden Jokowi, Senin (13/5).(guest)

MALANG -Jalan Tol Pandaan Malang Senin (13/5) esok bakal diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Jalan tol yang dibangun hampir tiga tahun itu segera dioperasikan seksi satu dua dan tiga. Sedangkan seksi empat dan lima, diperkirakan akan selesai akhir tahun ini. Lalu berapa tarif tol Pandaan sampai Singosari (pertigaan karanglo)?

Menurut Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo, diperkirakan jalan tol ini taraifnya Rp 900 - Rp 1000 per kilometer. Itu artinya Antara Pandaan sampai pintu tol Singowari (pertigaan karanglo) sekitar Rp 30 ribu.

 
Agus menjelaskan, operasional tol ini tak otomatis diopersikan usai diresmikan presiden esok siang. Mapan pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan Provinsi Jatim lebih dulu. Berkaca pada jalan tol lain, operasionalnya bisa dimulai sehari setelah peresmian.

Proyek jalan tol dengan nilai investasi Rp 5,9 triliun ini terdiri dari lima seksi. Seksi 1 Pandaan-Purwodadi, (15,475 Km), Seksi 2 Purwodadi-Lawang (8,050 Km),  Seksi 3 Lawang-Singosari (7,10 Km)  Seksi 4 Singosari-Pakis (4,750 Km) dan Seksi 5 Pakis-Madyopuro (3,113 Km).  

Menurut Agus yang diresmikan dan segera dioperasikan itu adalah Seksi 1 sampai Seksi 3. Agus memastikan, sepekan pertama operasional, PT Jasamarga Pandaan Malang memberlakukan gratis.

"Setelah itu dikenakan tarif sesuai dengan ketentuan," tandasnya.

Terpisah Direktur Teknik PT Jasamarga Pandaan Malang, Siswantono menyebut tarif tol belum ditentukan. Tapi mengacu pada masa konsesi bangunan yaitu 35 tahun, dengan nilai investasi Rp 5,9 triliun, maka tarif tol Pandaan-Malang diperkirakan Rp 900-1.000 per kilometer. 

"Kalau Rp 1.000 Per kilometer, dengan panjang tol seksi I-seksi III maka biaya yang harus dibayar pengguna tol Rp 30 ribuan. Itu sesuai dengan panjang seksi I -seksi III, yaitu mencapai 30 kilometer," katanya.
 


BERITA TERKAIT