Ada Rasis, Pertandingan Liga1 Langsung Dihentikan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Ada Rasis, Pertandingan Liga1 Langsung Dihentikan

  • 2019-05-14
  • Editor :junaedi
  • dibaca :936
Ada Rasis, Pertandingan Liga1 Langsung Dihentikan ilustrasi(ist)

JAKARTA -Direktur PT Liga Indonesia Baru ( PT LIB) Dirk Soplanit memastikan setiap pertandingan Liga 1 2019 akan dihentikan jika ada aksi rasialisme. Penegasan itu disampaikan saaat acara peluncuran Liga 1 2019 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5).

Dirk berpendapat bahwa tindakan rasialisme merupakan hal yang tak bisa ditolerir dan tak layak mendapatkan tempat di sepak bola. 

"Saya kira itu pasti (dihentikan). Aturan sudah dikeluarkan. Saya kira itu sudah ada dalam regulasi liga. Ini untuk mencegah hal-hal yang membuat laga tidak kondusif," ujar saat memberikan keterangan kepada media.

Langkah ini diterapkan PT LIB serta PSSI untuk meningkatkan kualitas kompetisi Liga 1 2019. Selain masalah rasial, Liga 1 2019 juga akan memberantas praktek pengaturan skor dan kekerasan saat pertandingan. 

Soal pengaturan skor, PT LIB dan PSSI sepakat bahwa wasit nantinya akan ditentukan oleh sebuah badan independen. Adapun soal keamanan, mereka bakal bekerja sama dengan pihak kepolisian. 

Sementara, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, meyakini bahwa kualitas kompetisi yang baik akan memberikan dampak positif terhadap segala hal. 

Menurut Tisha, ada lima pilar yang dinilainya bisa meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia, yakni organisasi, pengembangan pemain, pelatih serta wasit, kompetisi, pengembangan bisnis, dan tim nasional. 

Dengan meningkatkan kualitas kompetisi, Tisha berharap pada 2020 nanti Liga 1 bisa masuk peringkat 5 besar Asia. 

Liga 1 2019 sendiri akan dimulai pada Rabu (15/5/2019) yang diwali dengan laga antara PSS Sleman dan Arema FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.
 


BERITA TERKAIT