Tulisan 'Sugeng' di Jasad Termutilasi dan Anjing Pelacak Kunci Menangkap Pelaku | Berita Terbaru Hari ini

Close

Tulisan 'Sugeng' di Jasad Termutilasi dan Anjing Pelacak Kunci Menangkap Pelaku

  • 2019-05-16 penulis : Fino
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1260
Tulisan 'Sugeng' di Jasad Termutilasi dan Anjing Pelacak Kunci Menangkap Pelaku Anjing pelacak 'Zara' buktikan ikut ungkap pelaku mutilasi wanita di Pasar Besar, Kota Malang.(firman)

MALANG -Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengakui keberhasilannya mengungkap dan menangkap pelaku mutilasi wanita di areal Pasar Besar Kota Malang, tidak lepas dari bantuan anjing pelacak.  Setelah menyakini pelaku sering berada di TKP.
''Benar, kami sangat terbantu dengan anjing pelacak. Kami menggunakan K-9 karena kami yakin pelaku orang yang sering di lokasi dan tidak jauh,'' kata Asfuri kepada wartawan, Rabu (15/5) malam.


Saat anjing pelacak dari unit K-9 sepertinya Zara nama anjing berwarna cokelat itu tidak kesulitan mengendus jejak pelaku.

Anjing jenis Belgian Malinois bernama Zera itu mengawali  'kerjanya', dari mengendus barang bukti yang diduga terpapar aroma pelaku di TKP awal penemuan mayat. Saat itu, Zara sempat berputar-putar.

“Dia berhenti di satu lokasi di TKP, yang diduga kuat menjadi tempat cangkruk dan tidur pelaku,” ujar Aiptu Imam Mukshon, Kepala Unit K-9 Polres Makota kepada wartawan. 

Tak lama, anjing ini menyusuri kamar mandi yang menjadi tempat penemuan tubuh tanpa kepala dan tangan serta kaki. Lalu, bergerak ke arah selatan, menuruni jalan ke lantai dasar. 

Anjing berusia dua tahun tersebut bergeser ke arah Jalan Prof M. Yamin. Meski sempat kebingungan, anjing singgah di gang RT 07 RW 07 Kelurahan Sukoharjo. Gerakan anjing pelacak berakhir di Jalan Raya Laksamana Martadinata.

Saat itu anjing pelacak ini sempat menarik perhatian masyarakat sekitar yang penasaran. Anjing berjenis kelamin betina ini sesekali menjulurkan lidahnya ketika mencari jejak. Aiptu Imam Mukshon, Kepala Unit K-9 Polres Makota mengungkapkan, Zera terus menjulurkan lidah, karena bekerja keras mengejar bau.

Sampai di jalan ini, anjing ini kemudian beputar-putar. Polisi menyakini jejak pelaku menyebrang jalan Raya Laksamana Martadina. Di seberang jalan itu ada Klenteng Eng An Kiong. Anjing kembali berputar-putar di tempat ini.


Polisi pun yakin jiga di tempa itu pelaku sering ke tempat ini. Namun saat itu di


BERITA TERKAIT