Gempa 4,9 SR di Malang Dirasakan sampai Pacitan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Gempa 4,9 SR di Malang Dirasakan sampai Pacitan

  • 2019-05-17 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1434
Gempa 4,9 SR di Malang Dirasakan sampai Pacitan ilustrasi

MALANG -Gempa berkekuatan gempa 4.9 SR guncang Malang dan sekitarnya Kamis (16/5) sekitar pukul 21.39.  Getaran yang cukup keras ini dirasakan oleh warga Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Getaran yang dirasakan sampai Pacitan, Jawa Timur itu sampai berita ini dituliskan belum ada laporan akibat gempa ini.

Niswatul Mardiyah, salah satunya warga Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang mengaku merasakan getaran yang sangat kuat.

"Saya di dalam rumah, dan tiba-tiba merasakan getaran kuat," katanya. Sekalipun tidak terlalu lama, namun gempa ini membuat dia sempat panik, dan memilih keluar rumah.

Hal yang sama juga dirasakan Edi warga Kedungkadang, Kota Malang, Ia mengaku mendadak saja terasa guncangan yang kencang.

''Saya lagi duduk, tiba-tiba kursi saya terasa goyang. Cukup keras tapi sebenta, kemudian terasa lagi tapi kecil guncangannya,'' katanya.

Sementara itu Kepala Stasiun Geofisika Karangkates Malang, H Musripan, memastikan gempa yang terjadi pukul 21.39 itu berkekuatan 4.9 SR. 

Titik gempa terjadi di 82 kilometer barat daya Kabupaten Malang dengan kedalaman 10 kilometer.

"Penyebab gempa belum diketahui, tapi yang jelas gempa ini tak berpotensi tsunami," katanya. 

Musripan pun mengimbau kepada warga untuk tidak panik, dan selalu tenang. "Tidak berpotensi tsunami. warga juga tidak boleh panik," tandasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Abdul Rochim mengatakan, selain di wilayah Malang raya gempa juga dapat dirasakan di wilayah Karangkates, pacitan, pandaan, dan Blitar.

"Untuk dampak kami belum mendapat laporan. Tapi kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman SAR di Malang raya, jika menemukan dampak langsung dilaporkan. dan yang jelas, dari informasi yang kami terima dari BMKG menyebutkan, gempa yang terjadi tak berpotensi tsunami," tandasnya.
 


BERITA TERKAIT