Hadapi MEA, Moreno Harap Malang Raya Bersatu | Berita Hari ini

Hadapi MEA, Moreno Harap Malang Raya Bersatu

  • 2016-03-31
  • dibaca :7393
Hadapi MEA, Moreno Harap Malang Raya Bersatu KADER: Moreno Soeprapto saat memberikan pengarahan kepada kader dan masyarakat sebelum memberangkatkan jalan sehat dalam rangka Harlah Gerindra.

MALANG - Kota Malang bukanlah hal asing bagi seorang Moreno Soeprapto. Pasalnya, hampir seluruh keluarga besarnya berasal dari Jawa Timur. Selain itu, ia juga acap kali mengunjungi makam leluhurnya di Jl. Ki Ageng Gribik. Kenangan semasa hidupnya, membuat Moreno berfikir hal apa yang bisa membangkitkan kota Malang, apalagi saat menjalani era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) seperti saat ini.

Dikatakan pria kelahiran 1982 itu, secara geografis kota Malang diapit oleh lima gunung, yang berada di wilayah kabupaten. Potensi geografis tersebut bermuara pada keaneka-ragaman karakter penduduk dan budaya yang tersimpan didalamnya. Sebagai anggota DPR Dapil V Jatim, Malang Raya, Moreno juga melihat potensi agrobisnis yang dipegang kota Batu memperkuat keberadaan kota Malang, dan daerah sekitar yang menaungi.

 

Kelebihan tersebut jelas mengundang masyarakat dari luar kota untuk menetap dalam jangka waktu tertentu. Apalagi, banyaknya lembaga pendidikan berkualitas di kota Malang juga mengundang minat masyarakat luar untuk berkunjung dan menggantungkan cita-cita di kota Malang.

Kesinambungan beberapa hal itu ditanggapi Moreno sebagai modal utama kota Malang unggul dalam MEA. Hanya saja, ia menegaskan beberapa point seperti sinergi antara tiga kepala daerah, kota Malang, kabupaten Malang dan juga kota Batu. “Kerja sama antar tiga kepala daerah ini bisa semakin meningkatkan nilai daerah masing-masing, dan berimbas pada pertumbuhan ekonomi kota,” ujarnya.

Menurutnya, kota Malang yang banyak mencetak tenaga ahli praktisi dan akademisi bisa mengisi pembangunan daerah sekitarnya, seperti kota Batu dengan potensi Agrobisnis dan kabupaten Malang dengan potensi pertanian dan peternakannya. “Dengan begini saya yakin, kalau semua berkolaborasi, saya optimis akan tercipta Malang raya yang hebat dan bermartabat,” harapnya.

Selain itu, kolaborasi apik antara ketiga daerah tersebut, bisa mengurangi ketakutan dan kecemasan masyarakat, terkait keterserapan lulusan setelah menyelesaikan masa studi dari perguruan tinggi. “Pendidikan bisa menjadi bencana apabila tidak dimaksimalkan, kekhawatiran tentang

Berita Terkait

Baca Juga