Polisi Bubarkan Massa Aksi di Depan Kantor Bawaslu Sejumah Orang Diamankan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Polisi Bubarkan Massa Aksi di Depan Kantor Bawaslu Sejumah Orang Diamankan

  • 2019-05-22
  • Editor :junaedi
  • dibaca :309
Polisi Bubarkan Massa Aksi di Depan Kantor Bawaslu Sejumah Orang Diamankan Massa aksi di depan gedung Bawaslu ricuh dengan polisi yang membubarkan aksi mereka.(dok.cnnindonesia)

JAKARTA -Setelah membubarkan diri dengan aman, mendadak massa aksi di sekitar Gedung Bawaslu, Jakarta ke lokasi aksi, Selesa malam (21/5). Aksi masa itu pun dibubarkan polisi hinga terjdi kericuhan.

Kapolres Jakarta Pusat Harry Kurniawan mengatakan bahwa beberapa orang diamankan dan dibawa ke dalam Gedung Bawaslu untuk mediasi.

"Dari tadi kita kan udah damai aman tiba-tiba ada massa saya belum tahu dari mana ini ya. Dari tadi mancing terus merusak barrier mancing-mancing terus, ya sudah kita lakukan upaya. Ya sudah kita bubarkan semua," kata Harry, Selasa seperti dilansir cnnindonesia, Selasa (21/5) malam.

Meski begitu, ia tidak menjelaskan berapa orang massa aksi yang diamankan polisi. 

"Saya belum tahu. Ini masih diamankan," tambahnya.

Mulanya, massa sempat membubarkan diri sekitar pukul 20.45 WIB. Aparat gabungan TNI Polri pun turut meninggalkan lokasi.

Namun, setelah jalan M. H. Thamrin dari Medan Merdeka Barat menuju Bundaran Hotel Indonesia dibuka, massa perlahan kembali ke sekitar kantor Bawaslu.

Mereka berdiri di depan pagar berduri yang dipasang di depan kantor Bawaslu. Massa juga sempat menyoraki personel kepolisian yang meninggalkan kantor Bawaslu.

Huuuu!," sorak massa. "Cebong!" Pekik salah satu dari mereka.

Massa lalu bernyanyi dengan lirik sindiran kepada aparat kepolisian. Mereka bernyanyi bersama-sama seraya bertepuk tangan.

"Pak Polisi, Pak Polisi, jangan ikut kompetisi," tutur massa.

Sorakan - sorakan provokasi dilontarkan terus menerus ke arah aparat kepolisian yang keluar dari kantor Bawaslu menuju bundaran HI.

"Kita rakyat. Polisi harusnya mengayomi," kata demonstran yang bertahan.

Polisi kemudian mengambil tindakan represif dengan membubarkan massa aksi dan menangkap beberapa di antaranya.

Setelah tindakan tersebut, massa yang berkerumun di persimpangan Sarinah tampak lengang. Namun tak lama kemudian, pasukan Brimob mengejar massa lain yang berada di ruas Jalan Wahid Hasyim arah Tanah Abang.

Mereka mendesak setidaknya hingga nyaris 100 meter. Setelah dianggap telah bersih dari pengunjuk rasa, satuan Brimob tadi kembali bersiaga


BERITA TERKAIT