Jokowi Masih Pakai Mobil Bekas SBY, Ditawari Mobil yang Dipakai Putin | Berita Terbaru Hari ini

Close

Jokowi Masih Pakai Mobil Bekas SBY, Ditawari Mobil yang Dipakai Putin

Jokowi Masih Pakai Mobil Bekas SBY, Ditawari Mobil yang Dipakai Putin

Mercedes Benz mengakui jika hingga saat ini pemerintah belum mengeluarkan arahan terkait penggantian mobil kepresidenan. Di mana, Presiden Joko Widodo sendiri masih memanfaatkan mobil kepresidenan dari era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yakni Mercedes Benz S600 Pullman Guard lansiran 2008.

Mercedes Benz S600

 

Kendaraan dinas Jokowi tersebut memiliki spesifikasi lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7, yang tahan terhadap serangan senjata standar, granat tangan, serta bahan peledak ringan lain.

Kaca dan jendelanya tahan panas, termasuk empat pintu dengan kemampuan adjustable doorhold.

Mercedes Benz S600 Pullman Guard mampu digeber hingga 210 kpj, menggunakan ban run-flat Michelin PAX 245-700 R470, mampu berjalan sejauh 60 kilometer meski tanpa udara.

Memiliki sistem pemadam kebakaran otomatis yang mampu mengunci penyebaran api.

Sementara itu, di interior dilengkapi perangkat night view assist system guna memantau situasi di luar ketika kondisi jalan sangat gelap. Kemudian sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela yang beroperasi secara elektronik, serta panic alarm system.

Kendati demikian, sembari menunggu masa pelantikan yang kemungkinan pada Oktober akan datang, Pak Jokowi mungkin bisa menyempatkan memilih mobil kepresidenan lain jika memang merasa bosan dengan lansiran Mercedes. Salah satunya Aurus Senat dari Rusia.

Aurus Senat

 

Senat ditawarkan dalam dua jenis, baik sedan maupun limusin. Aurus Senat mendapat tingkat perlindungan balistik dan ledakan tanpa kompromi. Fokus rancangan ada di bagian penumpang belakang.

Segala kebutuhan presiden, formal atau sedang santai dilayani sempurna di bagian kabin penumpang.

Limusin bergaya desain ala Rolls Royce ini memiliki dimensi panjang 5.360 mm dan wheelbase 3.300 mm yang diperpanjang menjadi 6.630 mm dan 4.300 mm untuk varian limusin.

Aurus (perusahaan pembuat) menanamkan mesin V8 4.4-liter yang dikembangkan Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute (NAMI) bersama Porsche. Mesin diklaim mampu memproduksi tenaga hingga 598 Hp. Pilihan mesin lain ada V12 6.6-liter bertenaga 859 Hp.

Saat ini,


BERITA TERKAIT