Puncak Penumpang KA Arus Balik Terjadi Minggu Hari Ini, Tapi Tak sampai Membludak | Berita Terbaru Hari ini

Close

Puncak Penumpang KA Arus Balik Terjadi Minggu Hari Ini, Tapi Tak sampai Membludak

Puncak Penumpang KA Arus Balik Terjadi Minggu Hari Ini, Tapi Tak sampai Membludak Kepadatan penumpang arus balik di Stasiun Kota Malang ramai namun tak sampai membludak.(firman)

MALANG - Puncak arus balik dengan moda transportasi kereta api (KA) dari Kota Malang terjadi pada Minggu (9/6) hari ini. Tidak kurang dari 5.872 penumpang dari berbagai jurusandiberangkatkan dari Stasiun Kotabaru Malang.


Humas PT KAI Daop 8, Suprapto menjelaskan, penumpang yang naik dari Stasiun Kotabaru Malang tercatat sebanyak 5.872 penumpang. Sementara yang datang atau turun ke Kota Malang sejumlah 6.358 penumpang. 


“Secara keseluruhan di Daop 8 sendiri hari ini saja untuk penumpang KA lokal ataupun jarak jauh berjumlah 25.905 penumpang atau sekitar 98 persen okupansi,” jelasanya. 


Dikatakan, puncak arus mudik tertinggi sebenarnya hari Sabtu (8/6) kemarin. Tanpa merinci jumlah penumpang yang diangkut KA hari itu, ia hanya mengatakan karena banyak para pemudik kembali mulai bekerja.

Sementara itu, meski secara data menunjukkan kenaikan jumlah penumpang KA yang melonjak, suasana kepadatan pemudik tidak begitu terlihat sesak di Stasiun Kotabaru Malang. 


Wakil Kepala Stasiun Malang Fathkul Burhanudin menjelaskan, banyak penumpang yang naik di stasiun lain. Seperti Stasiun Kota Lama, Blimbing atu Kenpanjen, Singosari dan Lawang.


Ia sendiri mengaku sempat heran dengan kondisi Stasiun Malang yang tidak begitu ramai di hari yang diprediksi sebagai puncak arus balik. Penumpang tidak sampai membludak.


"Secara kumulatif penumpang yang naik dari stasiun ini adalah 84.882. Sementara yang turun 76.526. pada 2018 jumlah kumulatif adalah 72.878," imbuh Burhanudin.


Menurut Burhanudin, biasanya menjelang sore penumpang mulai banyak berdatangan. Pasalnya, banyak kereta yang berangkat sore. Penumpang sebagian besar berangkat menuju Jakarta. Sisanya adalah perjalanan lokal. Perbandingannya dengan yang lokal adalah 70:30.


Sementara penumpang yang turun di Kota Malang tidak hanya didominasi oleh pemudik. Melainkan juga wisatawan.  Salah satu wisatawan, Aniek, berasal dari Yogyakarta mengatakan sudah berada di Kota Malang selama empat hari. Aniek bersama dua orang putrinya berlibur ke Kota Batu. 


"Saya


BERITA TERKAIT