HembusaN Udara Dingin di Kawasan Dieng, Embun sampai Membeku | Berita Terbaru Hari ini

Close

HembusaN Udara Dingin di Kawasan Dieng, Embun sampai Membeku

  • 2019-06-17
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2191
HembusaN Udara Dingin di Kawasan Dieng, Embun sampai Membeku Udara dingin di kawasan Dieng yang akibatkan embun membeku pada tahun 2018 lalu.(dok.jawapos)

WONOSOBO -Udara dingin menyengat menyerang daerah dataran tinggi Dieng, Wonosobo dan Banjarnegar, Jawa Tengah (Jateng), Senin pagi (17/6). Udra dingin di wilayah wisata itu tercata sampai titik minus satu derajat. 

Alhasil, embun yang ada di tanamah dan datangan menjadi membeku seperti es. Rumput daun-daun di area kompleks Candi Arjuna pun membeku. Bahkan, plastik dan atap bangunan yang terbuat dari ijuk pun terlihat memutih karena embun es.

"Kemunculan es di Dieng hari ini sudah ketiga kalinya selama tahun 2019. Memang tahun ini kemunculan embun es datang lebih awal," kata salah satu warga Desa Dieng Kulon, Hasta Priyandono yang dikutip detikcom, Senin, (17/6) pagi ini.

Hanya saja luasan embun yang membeku masih si area Candi Arjuna yang berada di Desa Dieng Kulon. Diprediksi, embun es masih akan terjadi lagi di Dieng, mengingat puncak musim kemarau biasanya jatuh pada Bulan Agustus mendatang.

"Sejauh ini masih di area candi, belum sampai ke kebun kentang milik warga. Jadi masih belum mengancam tanaman kentang milik warga," jelasnya.

Saat ini di kawasan ini sedang bersiap menyambut gelaran Dieng Culture Festival (DCF). Gelaran DCF ke-10 tahun 2019 akan digelar pada awal Agustus 2019. Tepatnya, tanggal 2-4 Agustus. Event tahunan ini di dalamnya terdapat ritual adat pencukuran rambut gembel.


BERITA TERKAIT