UB, Perguruan Tinggi Yang Paling Diminati | Berita Terbaru Hari ini

Close

UB, Perguruan Tinggi Yang Paling Diminati

  • 2019-07-09
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2150
UB, Perguruan Tinggi Yang Paling Diminati ilustrasi tes sbmptn

Klikapa.com -Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir  menyebutkan Universitas Brawijaya (UB) Malang, merupakan perguruan tinggi yang paling banyak diminati. Tercatat 55.871 calon mahasiswa baru yang memilih UB.

"Kalau kita lihat PTN dan daya tampung, yang terlibat ini 85 PTN seluruh Indonesia, baik dari Aceh sampai Papua. Dari jumlah 85 PTN itu akan memperebutkan kursi sebanyak 181.645 yang alokasinya minimum 40 persen," tutur Nasir di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019). 

BACA JUGA; Selamat, Kemenristekdikti Nyatakan 168.742 Peserta SBMPTN 2019 Lulus

Dari jumlah itu lanjutnya, peserta yang lolos, ada 10 PTN dengan jumlah peminat terbanyak. , Universitas Brawijaya menempati posisi pertama dengan jumlah 55.871 orang peminat. 

Namun dari dafta itu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) justru tidak termasuk di dalamnya. 

Menurut Nasir, sistem penerimaan mahasiswa di tahun ini menjadi penyebabnya. Sebab, biasanya siswa akan lebih rasional dalam mendaftar karena sudah mengetahui hasil nilainya dari SBMPTN melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Setelah dia (siswa) dapat nilai dari UTBK, maka dia baru bisa mendaftar PTN yang diinginkan. Jumlah yang mendaftar juga akan rasional, kalau tidak cukup di universitas A, ya saya tidak akan mendaftar. Jadi kalau kita lihat di PTN yang tinggi-tinggi itu ada di UI, ITB, UGM," tutur Nasir.  

"Jadi kalau kita lihat, nilai rata-rata diterima tertinggi, artinya nilai yang masuk adalah yang cukup tinggi (dari hasil SBMPTN) semua. Sekarang mereka berspekulasi jumlah pendaftar seolah-olah turun dibandingkan 2018," kata Nasir mengakhiri.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Nasir menyatakan  168.742 peserta lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. 

Peserta yang dinyatakan lulus terdiri dari 119.777 peserta non bidikmisi dan 48.965 peserta pemohon bidikmisi.

Pengumuman SBMPTN 2019 mulai bisa dapat diakses pukul 15.00 WIB. Nasir meminta peserta yang tidak


BERITA TERKAIT