Koko Donald | Berita Terbaru Hari ini

Close

Koko Donald

  • 2019-07-17
  • Editor :husnun
  • dibaca :1290
Koko Donald

Catatan Dahlan Iskan

"Persahabatan saya dengan Presiden Xi Jinping kini memang tidak baik".

 

Hubungan Presiden Donald Trump dengan empat wanita ini lebih tidak baik lagi.

 

"Kenapa mereka tidak pulang kampung saja. Ke negeri asal mereka yang kacau balau itu". Begitu kurang lebih ujar Trump. Mengenai empat wanita itu. Yang kebetulan semua muda. Semua bukan kulit putih. Semua dari Partai Demokrat. Semua baru terpilih menjadi anggota DPR. Yang dua Islam. Salah satunya pakai jilbab.

 

Baru sekali ini Trump mengakui hubungan sebenarnya dengan presiden Tiongkok itu. Selama ini Trump selalu bilang "Ia itu sahabat baik saya". Atau "hubungan saya sangat baik". Bahkan dalam suasana perang dagang pun Trump masih sering bilang "Xi Jinping itu presiden yang baik". Hubungan keduanya tremendous baiknya.

 

Memang ada perkembangan terbaru yang mengecewakan Trump. Soal kedelai itu. Dan jagung itu. Dan daging babi itu. Yang Tiongkok tidak beli-beli itu. Dalam jumlah yang tremendous itu. (Baca DI's Way: Lamis Lambe).

 

Tiongkok juga kecewa berat. Bukan lagi soal perang dagang. Yang Tiongkok kelihatannya sudah move on. Meski pertumbuhan ekonominya harus turun dikit: menjadi 6,2 persen.

 

Yang paling dikecewakan Tiongkok adalah soal Taiwan. Amerika mengizinkan lagi Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen berkunjung ke Amerika. Minggu lalu ke New York. Selama dua hari. Dengan begitu banyak agenda. Sebelum terbang ke negara-negara kecil Caribia. Pulangnya mampir lagi Denver. Kota terbesar di tengah-barat Amerika. 

 

Berarti sudah tiga kali Ing-Wen ke Amerika. Selama dua tahun masa kepresidenan Trump. Sudah lebih dari sekedar pengakuan. 

 

Yang pertama seperti hanya 'test the water'. Hanya mampir ke pantai barat. Dalam perjalanan ke Amerika Latin. Yang pesawatnya terbang terlalu jauh kalau langsung ke tujuan. Sekalian isi bahan bakar. Ing-Wen pun mendarat di Los Angeles. Alasan itu bisa diterima publik. Meski Tiongkok tetap protes.

 

Tapi yang seperti itu terjadi lagi. Saat Ing-Wen dalam perjalanan ke negara kecil


BERITA TERKAIT