Jalan Tol Seksi Empat Pandaan - Malang Rampung, Dioperasikan Tunggu Uji Kelayakan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Jalan Tol Seksi Empat Pandaan - Malang Rampung, Dioperasikan Tunggu Uji Kelayakan

  • 2019-07-17 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2991
Jalan Tol Seksi Empat Pandaan - Malang Rampung, Dioperasikan Tunggu Uji Kelayakan Pintu tol seksi empat (pakis) Pandaan - Malang yang segera diopersaikan setelah lulus uji kelayakan.(gues)

Klikapa.com -Satu seksi lagi jalan tol Malang - Pandaan rampung dikerjakan. Yakni seksi empat (Karanglo, Singosari) - Pakis, Kabupaten Malang. Namun jalan ini belum bisa dioperasionalkan karena menunggu proses Provisional Hand Over (PHO) dan uji kelayakan. 

"Sekarang sudah 97 persen. Tinggal memindahkan besi tiang listrik di exiting, sama overlay (pengaspalan) untuk dari exiting menuju Jalan Asrikaton," ungkap Direktur Teknik, PT Jasamarga Pandaan Malang  (JPM), Siswantono, Rabu (17/7).

Disebutkan, usulan pemindahan besi atau tiang listrik itu pihaknya sudah mengusulkan ke PLN. Sementara untuk PHO, Siswantono mengatakan saat ini dalam proses. Dokumen untuk keperluan PHO sudah lengkap, tinggal diserahkkan. PHO menurut Siswantono adalah hal wajib dilakukan setelah pekerjaan selesai. 

"PHO itu serah terima pekerjaan, dari kontraktor kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Saat ini sedang dalam proses," tambahnya.

Setelah PHO, menurut pria asli kota Batu ini, tahap selanjutnya adalah uji laik fungsi. "Kami sudah mengirimkan surat ke Kementerian PUPR untuk uji laik fungsi. Rencananya uji laik fungsi akan dilakukan pada minggu ke empat bulan Juli," tambahnya. 

Uji laik fungsi ini sendiri akan melibatkan 35 instansi dan digelar selama dua hari.

"Nanti semuanya akan diuji, untuk diketahui kelayakan jalan," urainya. 

Jika ada yang masih belum sempurna, maka tim memberikan kesempatan untuk menyelesaikan selama dua minggu.

"Prosesnya sama dengan seksi 1, seksi 2 dan seksi 3. Sebelum operasional, maka dilakukan uji laik fungsi. Begitu surat laik fungsi keluar, baru kemudian dioperasionalkan," tambahnya.

Ia juga menyebutkan sebenarnya jalan itu sudah bisa dilewat kendaraan. Ia juga menyebut jika jalan tol sepanjang 4,75 kilometer ini sudah pernah difungsikan secara fungsional saat libur lebaran lalu.

"Kalau secara struktural semuanya sudah selesai. struktur jalan sudah rigit (beton rigit) semua, PJU sudah terpasang, fasilitas jalan tol juga sudah, termasuk barier dan rambu-rambu sudah terpasanga. ya tingga dua itu saja, PHO


BERITA TERKAIT