Kapolri: Kerusuhan Manokwari Dipicu Hoaks Ada Korab Meninggal di Surabaya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Kapolri: Kerusuhan Manokwari Dipicu Hoaks Ada Korab Meninggal di Surabaya

  • 2019-08-19
  • Editor :junaedi
  • dibaca :453
Kapolri: Kerusuhan Manokwari Dipicu Hoaks Ada Korab Meninggal di Surabaya Kapolri Jenderal Tito Karnavian

Klikapa.com -Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebutkan kerusuhan yang sampai terjadi pembakaran fasilitas umum termasuk kedua DPRD dan Kompleks kantor gubernur di Manokwari, Papua Barat sudah berhasil direda. Kasus ini dipicu berita hoaks adanya korban meninggal akibat insiden di Surabaya.

"Kejadian di Surabaya dan Malang hanya peristiwa kecil yang sudah dilokasir dan diselesaikan Muspida terkait. Ibu Gubernur, Kapolda dan Pangdam," kata Tito kepada media di Mapolda Jatim, Senin (19/8/2019).

Peristiwa di Surabaya yang dimaksud merupakan kasus pengamanan mahasiswa di asrama Papua pada Sabtu (17/8). Peristiwa itu bermula dari isu mengenai perusakan bendera Merah Putih yang dipasang di asrama. Sebelum polisi melakukan penangkapan, massa menggunakan atribut ormas lebih dulu melakukan pengepungan asrama.

Tito mengatakan, setelah peristiwa di Malang dan Surabaya itu bisa dilokalisir, kemudian muncul kabar bohong yang membuat keruh suasana.

"Tapi muncul mengenai kata-kata kurang etis, ada juga hoaks gambar seolah olah gambar adik kita meninggal ini berkembang ada yang mengembangkan," tutur Tito.

"Berkembang di Manokwari dan Jayapura terjadi mobilisasi massa, jadi saya meminta saudara-saudra kita di Papua, jangan terpancing berita tidak benar," sambung mantan Kapolda Papua ini. 

Terkait insiden di Papua itu, Tito memastikan kondisinya sudah kondusif. 

"Situasi kondusif kalau perlu personel tambahan kita akan kirim dari daerah terdekat, tapi kita lihat situasi," jelas Tito. 

Kerusuhan di Manokwari disebut Tito diduga dipicu dengan kejadian terkait mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jatim akhir pekan lalu. Selain di Manokwari, massa di Jayapura juga menggelar longmarch ke kantor gubernur Papua.

Sementaa di Jayapura, massa berkumpul di tiga titik, yakni Waena, Abepura dan Jalan Dok 9. Polisi mengawal massa yang longmarch ke kantor gubernur Papua. 

"Situasi kondusif. Kita sudah lakukan komunikasi dengan koordinator lapangan, mereka sudah dalam perjalanan ke kantor gubernur," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal saat dimintai konfirmasi


BERITA TERKAIT