Kemenkominfo Batasi Akses Internet di Wamena. Operator Bilang Seperti Ini | Berita Terbaru Hari ini

Close

Kemenkominfo Batasi Akses Internet di Wamena. Operator Bilang Seperti Ini

  • 2019-09-23
  • Editor :junaedi
  • dibaca :418
Kemenkominfo Batasi Akses Internet di Wamena. Operator Bilang Seperti Ini Kerusuhan Wamena dan gedung pemerinah didbakar massa.(dok.okezone)

Klikapa.com -Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah melakukan pembatasan akses internet di Wamena menyusul kerusuhan yang terjadi hari ini, Senin (23/9).

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara disebut telah memberi arahan kepada operator untuk melakukan pembatasan akses internet di Wamena. Operator juga telah melakukan pembatasan akses internet tersebut.

Itu dilakukan menyusul kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua Senin (23/9).

"Barusan dapat update Pak Menteri sudah meminta operator untuk pembatasan layanan data di Wamena dan sudah dilakukan oleh operator," kata Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu kepada media, Senin (23/9).

Sebelumnya ada 29 kabupaten/ kota di Provinsi Papua yang tidak bisa mengakses internet.  Namun, pada 11 September 2019 Kemenkominfo memastikan telah mencabut pemblokiran internet di seluruh Papua Barat.

Kemenkominfo mengklaim blokir internet efektif menekan penyebaran hoaks, kabar bohong, dan ujaran kebencian mengalami penurunan sejak 31 Agustus 2019.

Puncak peredaran hoaks diklaim terjadi pada 31 Agustus 2019 dengan URL mencapai 42.000. Angka tersebut terus menurun hingga per 12 September 2019, hanya terdapat sekitar seribu URL terkait hoaks isu yang terjadi di Papua. 

Namun secara terpisah, mengutip cnn-indoensia, operator seluler XL Axiata dan Hutchison Tri Indonesia mengaku sampai saat ini belum ada arahan pemerintah untuk melakukan pembatasan akses internet.

mengatakan sampai saat ini belum ada arahan dari pemerintah untuk melakukan pembatasan akses internet.

"Saat ini belum ada. Kita terus berkomunikasi dengan pemerintah. Belum tahu tapi yang jelas, tapi yang jelas kita akan mengikuti arahan pemerintah,"  kata Head External Communication XL Axiata, Henry Wijayanto di Jakarta, Senin (23/9).

Henry mengatakan XL akan terus melakukan bisnis seperti biasa meskipun ada kerusuhan di Wamena.

Sementara, Wakil Direktur Utama Hutchison 3 Indonesia Danny Buldansyah menjelaskan sejauh ini memang belum ada arahan dari dari Kemenkominfo kepada operator seluler.

"Pembatasan akses hanya dilakukan atas permintaan pemerintah. Sampai sekarang kami belum punya


BERITA TERKAIT