Ribuan Warga Malang Timur Krisis Air Bersih | Berita Terbaru Hari ini

Close

Ribuan Warga Malang Timur Krisis Air Bersih

Ribuan Warga Malang Timur Krisis Air Bersih ilustrasi(ist)

Klikapa.com -Warga di kawasan timur Kota Malang dilanda krisis air sepekan terakhir. Kondisi itu dialami ribuan pelanggan PDAM Kota Malang. Hingga Minggu (13/10) kemarin, warga di beberapa wilayah harus bergelut mengatasi minimnya pasokan air dari dari perusahaan milik Pemkot Malang itu. 
aktivitas warga kini terganggu. Seperti dialami Amir Subagio, warga Jalan Danau Bratan Timur V, aliran air di rumahnya mengecil. Akibatnya aktivitas Amir dan keluarga kecilnya terganggu. Terutama untuk mandi, memasak maupun mencuci pakaian. “Selama ini, kami menampung air di ember. Lumayan, bisa untuk mandi dan cuci,” ujarnya kemarin. 
Amir mengungkapkan sebelumnya aliran air PDAM mengalami gangguan dalam sepekan terakhir.   “Sekitar satu minggu belakangan, airnya mati kira-kira pukul 17.00 sampai 22.00 WIB. Kamis kemarin, airnya mati seharian,” kata pria berusia 50 tahun itu.
Namun perlahan, kondisi air di rumahnya berangsur membaik. Meski mengalir, namun debit air cenderung lebih kecil. Terkadang lanjut dia, aliran air baru mengalir normal pada dini hari. Akibat kondisi itu, istri Amir,  Rahayu Subagio sempat mencuci pakaian pukul 03.00 WIB.  
Sementara itu, warga Sawojajar lainnya di Jalan Danau Rawa Pening I juga mengalami masalah serupa. Salah satunya diungkapkan Dwi Swastika. Ia mengaku kesulitan ketika hendak mencuci pakaian. 
Untuk mengatasi masalah itu, ia mengaku menampung air di ember dan galon seadanya untuk mandi dan mencuci. Bahkan, tak jarang, ia mengambil air di masjid dekat rumahnya yang menggunakan sumur bor. 
Sementara untuk mencuci pakaian, Dwi mengaku terpaksa menunda walau harus menumpuk lebih banyak pakaian. “Mending ngalah dulu, airnya untuk mandi dan untuk air minum. Kalau nyuci tunggu air ngalir,” kata dia. 
Amir dan Dwi hanyalah dua orang dari ribuan pelanggan PDAM yang berjibaku mengatasi krisis air di kota pendidikan ini. Pantauan Malang Post di beberapa kawasan di


BERITA TERKAIT