Seharian Warga Desa Sumber Brantas Bersih-bersih, Sore Pulang Semuanya dari Tempat Pengungian | Berita Terbaru Hari ini

Close

Seharian Warga Desa Sumber Brantas Bersih-bersih, Sore Pulang Semuanya dari Tempat Pengungian

  • 2019-10-22 penulis : kerisdianto
  • Editor :junaedi
  • dibaca :359
Seharian Warga Desa Sumber Brantas Bersih-bersih, Sore Pulang Semuanya dari Tempat Pengungian Salah seorang anggota TNI yang ikut membantu membersihkan sekolah.(firman)

Klikapa.com -Seluruh pengungsi akibat bencana badai angin dan debu di Desa Sumberbrantas, Kota Batu sudah pulang ke rumah masing-masing, Selasa sore (22/10). Pemulangan dilakukan setelah banyak pengungsi yang sudah ingin kembali ke rumah. 

Situasi ini didukung dengan kondisi desa yang berangsur pulih dan tidak ada lagi angin kencang.

“Sudah banyak warga yang ingin pulang ke rumahnya, sudah kangen keluarga. Pemerintah Kota Batu mengakomodasi itu, dengan mempertimbangkan faktor cuaca di Sumberbrantas,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Batu, Heli Suyanto,  di Balai Desa Sumberbrantas, Selasa (22/10).

Warga diangkut menggunakan kendaraan TNI Polri untuk pulang ke rumah masing-masing dari tempat pengungsian

Sore tadi, banyak pengungsi dari tempat pengungsian kembali ke rumahnya dengan naik kendaraan TNI, Polri, BPBD, serta para relawan. Hingga sektiar pukul 17.00, hampir seluruh tempat sudah kosong . Termasuk, pos Balai Desa Punten yang menjadi titik utama pengungsian bencana angin.

Ratna, 32, pengungsi di Pos Punten, mengaku senang bisa kembali ke rumah setelah beberapa hari mengungsi di balai desa. 

Warga saat bersih-bersih rumahnya dari paparan badai debu

“Bagaimanapun kan lebih nyaman di rumah sendiri dan kumpul keluarga,” tandasnya.

Sebelumnya, anggota TNI, Polri BPBD dan warga bahu-membahu kerjabakti membenahi rumah dan membersihkan dari debu tanah. Hal itu seperti yang terlihat di Dusun Lemah Putih Sumberbrantas.

Kegiatan bersih-bersih itu juga dilakukan di gedung sekolah kantor balai desa dan rumah warga.

Untuk membantu kegiatan itu  Damkar Kota Batu juga mensuplai air ke kawasan Dusun Lemah Putih yang tak memiliki jaringan air. 

“Kami kirim manual, ini ada 4.000 liter air kapasitas total, dikirim untuk warga,” ujar salah satu petugas Damkar Kota Batu yang mengirimkan air bersih.(fin/ary)


BERITA TERKAIT