Tol Malang - Pandaan Molor, PJM Mengaku Masih Sesuai Skedul | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Tol Malang - Pandaan Molor, PJM Mengaku Masih Sesuai Skedul

  • 29-12-2019 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3759
Tol Malang - Pandaan Molor, PJM Mengaku Masih Sesuai Skedul Jalan tol Malang-Pandaan seksi v (Pakis-Madyopuro) yang masih dalam pengerjaan.(guest)

Klikapa.com -Proyek jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan) tercatat sebagai salah satu dari 12 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang molor. Penyebabnya pembangunan Seksi V jalan tol ini atau Pakis-Madyopuro tak tuntas hingga akhir 2019 seperti yang ditargetkan Presiden Joko Widodo.

PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) pun segera berjanji akan menuntaskan pada Januari 2020. 

Molornya PSN dibeber Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP). Dalam keterangan KPPIP, disebutkan  proyek Jalan Tol Pandaan-Malang atau populer Mapan sepanjang 37,62 kilometer.  

Ketua KPPIP Wahyu Utomo mengatakan, dari 12 PSN tersebut ditargetkan rampung pada kuartal I tahun 2020. Proyek yang ditargetkan rampung kuartal I tahun depan yakni, Tol Malang-Pandaan sepanjang 37,63 kilometer. 

Seharusnya target jalan bebas hambaan ini diselesaikan pada akhir tahun ini. Namun karena ada beberapa kendala, baru bisa diselesaikan hingga Februari 2020.

"Sebab seksi V saat ini masih konstruksi dengan progres 82 persen. Isu utamanya soal pembebasan lahan dan ada temuan Situs Sekaran pada kilometer 37 sehingga ada pergeseran trase," kata Wahyu dalam Media Gathering KPPIP di Hotel Borobudur, Jakarta. 

Sementara PT Jasamarga Pandaan-Malang (JPM) mengklaim pembangunan Seksi V mencapai 88 persen.  Namun demikian, PT JPM  memastikan pembangunan jalan bebas hambatan itu akan selesai dalam waktu dekat. 

“Target kami pertengahan Januari 2020 selesai. Selanjutnya kami mengajukan Uji Laik Fungsi. Jika semuanya berjalan lancar Februari bisa operasional,’’ kata Direktur Teknik PT JPM, Siswantono. 

Ia tidak setuju, jika ada yang menyebutkan pembangunan Seksi V tol menghubungkan Pakis-Madyopuro molor. Bahkan dalam keterangan yang disampaikan, Siswantono menyebutkan pembangunan jalan tol sepanjang 3,11 kilometer tersebut sangat cepat.

Dijelaskan pria asli Kota Batu ini, pembangunan Seksi V dimulai pada 4 Oktober lalu. Tidak hanya melakukan pengerasan, tapi juga pemasangan pembatas hingga pembangunan dua jembatan.“Itu sudah selesai semua. Bisa saya bilang ini pekerjaan kilat,’’ katanya.
 
Siswantono mengakui bahwa Presiden Joko


BERITA TERKAIT