Jet Tempur incaran Indonesia Lebih Mahal dibanding Sukhoi | Berita Terbaru Hari ini

Close

Jet Tempur incaran Indonesia Lebih Mahal dibanding Sukhoi

  • 2020-01-24
  • Editor :junaedi
  • dibaca :549
Jet Tempur incaran Indonesia Lebih Mahal  dibanding Sukhoi Pesawat jet tempur Dassault Rafale buatan Prancis yang menjadi incaran Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. (ist)

Klikapa.com -Pesawat Jet tempur yang diminati Indonesia, ternyata jauh lebih mahal dibandingkan harga Sukhoi buata Rusia. Sebelumnya  Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tertarik untuk membeli 48 jet tempur Dassault Rafale buatan Prancis. 

Ikhwal pembelian alutsista  baru itu, seperti disebutkan Presiden Joko Widodo baru bakal menggelar rapat membahas pekan depan.

Rencana pembelian Rafale itu muncul tak lama Rusia mengabarkan bahwa Indonesia ditekan oleh sejumlah negara karena hendak membeli 11 jet tempur Sukhoi SU-35.

Shukoi SU-35 dan Rafale sejatinya sama-sama jet tempur generasi 4.5 yang memiliki peran bukan hanya untuk tempur. Kedua pesawat itu mampu menjadi pesawat pencegat yang manjalani misi pemukul.

Mengutip lansiran Aircrafts Compare, harga Rafale jauh lebih mahal dibanding Sukhoi SU-35. Untuk satu unit Rafale, Indonesia mesti merogoh kocek sebesar US$115 juta (setara Rp1,5 triliun; kurs 1US$=Rp13.163). 

Hal serupa dikonfirmasi Defence Industry Daily yang menyebut kalau satu unit pesawat ini dihargai lebih dari 100 juta euro. 

Sedangkan Shukhoi hanya US$65 juta (Rp855 miliar). Pada 2018 lalu, Indonesia sempat membeli Sukhoi SU-35 dengan harga US$90 juta per pesawat dengan kemampuan menembak dan mengebom sekaligus. 

Saat itu, Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu, menyebut sengaja memilih pesawat dengan harga tersebut lantaran pesawat seharga US$70 juta tak bisa menembak dan mengebom sekaligus.

Dari sisi spesifikasi, Rafale merupakan jet tempur yang dapat dikendalikan oleh 1-2 kru tergantung jenis varian. Sementara Shukoi hanya untuk satu kru karena tidak memiliki varian.

Adapun jenis avionik, Rafale dan Sukhoi SU-35 memiliki perbedaan. Rafale diketahui menggunakan sistem Integrated Modular Avionic (IMA) yang digunakan juga terpasang di Lockheed Martin F-22 Raptor buatan Amerika.

Sedangkan Sukhoi SU-35 menggunakan teknologi MFI yang diklaim salah satu paling canggih di dunia karena dapat menerima, memproses, dan mengirimkan data dengan berbagai cara, baik itu grafik hingga angka.

Dari sisi mesin, Rafale menggunakan dua mesin SNECMA M88 2


BERITA TERKAIT