Inilah Fakta Baru Kecelakaan Helikopter Yang Menewaskan Legenda NBA Bryant Kobe dan Putrinya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Inilah Fakta Baru Kecelakaan Helikopter Yang Menewaskan Legenda NBA Bryant Kobe dan Putrinya

  • 2020-01-27
  • Editor :junaedi
  • dibaca :666
Inilah Fakta Baru Kecelakaan Helikopter Yang Menewaskan Legenda NBA Bryant Kobe dan Putrinya Lokasi jatuhnya helikopter yang membawa legenda NBA Bryant Kobe dan putrinya.(dok.afp)

Klikapa.com -Fakta baru terkuak akibat kecelakaan helikopter yang ditumpangi legena NBA Bryant Kode dan  dan tujuh penumpang lainnya termasuk putri Kobe, Gianna Maria Onore. Sang pilot helikopter pribadi Kobe sudah diperingatkan pihak menara pengontrol lalu-lintas udara (ATC) terbang terlalu rendah.

Dikutip dari lansiran ESPN, sebelumnya pilot sempat menghubungi ATC terkait cuaca buruk yang dihadapinya. Kondisi cuaca buruk di wilayah udara Calabasas, Los Angeles, ditengarai menjadi penyebab kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kobe Bryant dan tujuh penumpang lainnya.

Sebanyak delapan penumpang dan satu pilot bernama Ara Zobayan itu pun dilaporkan tewas dalam kecelakaan helikopter jenis Sikorsky S-76 tersebut. Dalam laporan terbaru yang dilansir ESPN, salah satu sumber yang tak ingin identitasnya diungkap sempat menceritakan komunikasi antara ATC dan pilot beberapa saat sebelum kecelakaan.

Helikopter terbang dari Bandara John Wayne pada pukul 09.06 pagi waktu setempat. Tepat pukul 09.30 pagi waktu setempat, sang pilot sempat meminta izin menambah ketinggian helikopter untuk melewati lapisan kabut yang bisa membahayakan penerbangan.

Berdasarkan audio komunikasi antara ATC dan pilot yang diperdengarkan, pihak ATC tetap memperingatkan kepada pilot bahwa dia masih terbang terlalu rendah.

Dengan ketinggian itu, radar ATC tidak memungkinkan menangkap posisi helikopter di area berbukit di wilayah Calabasas.

Pada pukul 09.40 pagi, helikopter dilaporkan berusaha naik ke ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Helikopter kemudian kembali menukik pada ketinggian 426 meter dan terjatuh ke sisi perbukitan.

Rekaman suara itu sempat diunggah LiveATC.net yang merupakan komunikasi antara pilot dan petugas ATC.

Sementara itu, dikutip dari Fox 5, pilot helikopter itu Ara Zobayan dikenal sebagai pilot yang dicintai komunitas penerbangan. Pilot asal Armenia itu diklaim memenuhi kualifikasi untuk terbang di kondisi berkabut.

Akun twitter Heavy menyebut, Zobayan adalah pilot kepercayaan keluarga Kobe Bryant. Salah satu sahabat Zobayan melalui Twitter @_bella113_ mengatakan sang pilot sangat dekat dengan


BERITA TERKAIT