Hujan dan Angin Kencang Sapu Wilayah Singosari 13 Rumah Rusak | Berita Terbaru Hari ini

Close

Hujan dan Angin Kencang Sapu Wilayah Singosari 13 Rumah Rusak

  • 2020-02-03 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :654
Hujan dan Angin Kencang Sapu Wilayah Singosari 13 Rumah Rusak Dinding salah satu rumah roboh saat diterpa hujan dan angin kencang di Wilayah Singosari, Kabupaten Malang.

Klikapa.com -Sedikitnya 13 rumah warga rusak akibat Hembusan angin kencang di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang Senin (3/2/2020). 

Nur Hadi salah satu warga mengatakan, hembusan angin kencang itu terjadi pukul 14.00. Saat itu kawasan Dusun Krajan, Desa Dengkol, Kecamatan Singosari diguyur hujan yang sangat deras. 

“Tiba-tiba saja ada angin bertiup sangat kencang,’’ katanya. 

Angin itu, kemudian menerbangkan beberapa atap rumah warga. Warga pun berhamburan keluar rumah menghindari hal yang tidak diinginkan. Tapi juga tidak sedikit juga yang tetap bertahan di dalam rumah.

“Suaranya gemuruh seperti pesawat begitu. Kami sendiri tidak berani keluar, karena takut,’’ katanya.

Rumah rusak itu umumnya di wilayah RW 4, Dusun Krajan Desa Dengkol. Satu rumah warga temboknya juga roboh. Sejauh itu belum dilaporkan ada korban jiwa.

“Rata-rata kerusakan pada atap. Genting rumah banyak yang hilang. Ada tembok rumah yang roboh, tapi rumahnya belum ditempati,’’ kata Kepala Desa Dengkol, Agus Afandi.

Sampai saat ini, Agus menyebutkan pihaknya terus melakukan pendataan seberapa jauh  akibat angin ribut di wilayahnya itu.
 
“Kami melakukan pendataan dulu, untuk kemudian bersama-sama Muspika Singosari dan warga serta relawan, juga TNI/Polri melakukan kerjabakti bersama-sama,’’ ungkap Agus. 

Menurut Agus, angin kencang ini bukan kali pertama terjadi di Desa Dengkol. Menurut Agus beberapa bulan sebelumnya, angin kencang juga terjadi. “Yang sebelumnya kalau tidak salah ada 12 rumah yang rusak. Hari ini 13,’’ tambahnya. 

Agus mengku belum ada rincian ikhwal kerugian yang sebabkan angin kencang itu. Tapi, melihat kerusakan yang ada, ia perkirakan tidak kurang dari  Rp 25 juta. 

Sementara  Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Penanggulangan Bencana (PB) PMI Kabupaten Malang, Muji Utomo mengatakan, pihaknya sudah terjun ke lokasi dan membantu warga sekaligus melakukan pendataan.

“Kerusakan yang terjadi tergolong ringan. Sebagaian besar sudah selesai diperbaiki. Esok kami akan kembali membantu warga membenahi rumahnya,’’ kata Mbah Tomo sapaan akrab Muji


BERITA TERKAIT