Tak Jera Disanksi Adat, Pencuri Kentang Dipolisikan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Tak Jera Disanksi Adat, Pencuri Kentang Dipolisikan

  • 2020-02-08 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :687
Tak Jera Disanksi Adat, Pencuri Kentang Dipolisikan Pencuri Kentang dan barang bukti yang diamankan di Polsek Poncokusumo, Kabupaten Malang

Klikapa.com-Pernah mencuri dan disanksi sanksi adat dan teguran keras dari desa, nyatanya tak membuat Nur Mukid jera. Warga Dusun Jarak Ijo, Desa Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang ini kembali tertangkap mencuri. 


Imbasnya, pria berusia 38 tahun ini, terpaksa harus meringkuk di rutan Mapolsek Poncokusumo sejak Jumat (7/2) sore.


Tersangka ditangkap petugas di rumahnya. Penangkapannya setelah warga dan perangkat desa, sudah angkat tangan dengan ulah Mukid. Dia tidak kapok meskipun sudah beberapa kali mendapat sanksi adat.


"Tersangka sudah beberapa kali mencuri. Namun selama ini hanya teguran dan sanksi adat saja yang diberikan. Karena masih bandel, warga dan perangkat desa meminta untuk diproses hukum," jelas Kapolsek Poncokusumo, AKP M Lutfi, Sabtu (8//2/2020).


Mantan Kapolsek Batu ini, menerangkan tersangka Mukid ditangkap karena kasus pencurian kentang di Dusun Jarak Ijo, Desa Ngadas. Korbannya Marmoyo, 46, warga sekitar.


Pencurian terjadi pada Jumat (7/2) pagi sekitar pukul 07.00. Selang satu jam sekitar pukul 08.00, tersangka dilaporkan ke polisi. Sore harinya setelah ada laporan, polisi langsung menangkap tersangka di rumahnya.


"Barang bukti yang kami amankan dua karung plastik berisi kentang. Masing-masing beratnya sekitar 80 kilogram," ujar mantan Kasat Sabhara Polres Malang ini.


Sehari sebelum kejadian korban bersama saksi Faisan, baru saja panen kentang di kebunnya. Hasil panen itu sebanyak 20 karung plastik, ditaruh di pinggir kebun. Sedianya oleh korban Jumat pagi akan diangkut.


Namun ketika akan mengangkut, korban mendapati kalau dua karung berisi kentang telah hilang. Korban melaporkan ke perangkat desa. Setelah mengetahui pelakunya adalah Mukid, lantas dilaporkan ke polisi.

"Dua karung berisi kentang kami temukan di rumahnya. Pengakuannya kentang hasil curian itu akan dijual. Kami juga masih mengembangkan kasusnya," tutur Lutfi.(agp)


BERITA TERKAIT