Lelang Seni Lukis Payung Karya Mbah Rasimun | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Lelang Seni Lukis Payung Karya Mbah Rasimun

  • 04-03-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :23454
Lelang Seni Lukis Payung Karya Mbah Rasimun Buah karya seniman lukis payung Mbah Karimun yang dipamerkan di Gedung DPRD Kota Malang.(ist)

Klikapa.com -Sedikitnya 30 karya payung kertas dan payung lukis milik Mbah Rasimun, maestro seniman payung Kota Malang di lelang di Gedung DPRD Kota Malang, Rabu (4/3/2020). Karya seni payung ini ditawar mulai Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per karyanya.


Ada berbagai ukuran payung hasil karyanya, mulai ukuran diameter 20 cm hingga 35 cm, semua dilelang dan dipamerkan. Motifnya pun beragam, dari motif polos bercat, hingga motif bunga-bunga dan juga motif khas Malang juga dipamerkan.  


Sayangnya Mbah Rasimun tidak bisa hadir dalam pameran dan lelang karyanya ini pasalnya pria berusia 70 tahun ini tidak dalam kondisi fit. 


Kegiatan ini diinisiasi komunitas pemerhati seniman untuk membantu Mbah Rasimun. Dalam kegiatan bertajuk “Bantu Pensiun Mbah Mun: Lelang Payung Kertas dan Payung Lukis" ini, hasil penjualan karya dapat langsung diserahkan untuk Mbah Rasimun.


Koordinator lelang, Yuyun Sulastri menjelaskan,  Mbah Rasimun merupakan sosok seniman sepuh yang sudah banyak memberikan kontribusi seni pada Kota Malang juga pada Indonesia. Kini, Mbah Rasimun sudah tidak se aktif dahulu.


“Mbah Mun sudah sakit. Tetapi masih bisa berkarya hanya tidak sebanyak dulu,” jelas Yuyun.


Dalam keadannya inilah Mbah Rasimun tidak dapat bekerja aktif menghasilkan karya. Alhasil pemasukan pun berkurang dari waktu ke waktu karena keterbatasan kondisi tubuhnya yang terus menua.


Inilah yang dikhawatirkan kawan dan kerabat seniman lainnya. Inilah mengapa kegiatan ini dilakukan sebagai wujud galang dana bagi Mbah Rasimun. 


“Ya harapannya dia bisa memiliki tabungan masa tuanya. Karena kita belajar dari seniman Mbah Matali. Saat terakhirnya diketahui dia tidak memiliki tabungan pensiun apapun. Ini menyedihkan bagi seniman sepuh Kota Malang,” tegasnya. 


Pameran dan lelang ini memberikan kesempatan pada siapapun yang hendak membantu. Dengan membeli karya Mbah Rasimun yang dipamerkan. Mereka yang tertarik bisa melelang harga dari


BERITA TERKAIT