Giliran Pemkab Malang Gelontorkan Bansos kepada 525 Ribu KK | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Giliran Pemkab Malang Gelontorkan Bansos kepada 525 Ribu KK

  • 15-04-2020 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :17430
Giliran Pemkab Malang Gelontorkan Bansos kepada 525 Ribu KK Bupati Malang HM Sanusi dan Fokopimda awali penyerahan bansos dampak Covid-19

Klikapa.com -Giliran Pemkab Malang menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat secara serentak Rabu (15/4/2020) pagi. Total ada 525 ribu KK (Kartu Keluarga) yang mendapat bantuan paket sembako.

Penyerahan itu diawali secara simbolis diserahkan pada perwakilan warga di Desa Sepanjang dan Desa Ganjaran, Kecamatan Gondanglegi.

"Warga yang mendapat bantuan adalah masyarakat tidak mampu yang terdata oleh Dinas Sosial (Dinsos). Ada 525 ribu KK yang mendapat bantuan sembako. Jumlah tersebut adalah 75 persen dari total 769 ribu KK se-Kabupaten Malang," ungkap Bupati Malang HM Sanusi, Rabu (15/4/2020).

Bantuan paket sembako itu diserahkan Bupati Malang dan Kapolres Malang, Dandim 0818 wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu serta Kajari Kepanjen serta Kepala Pengadilan Negeri Kepanjen.


"Setiap KK kami beri bantuan berupa 10 kilogram beras dan satu kilogram telur. Untuk hari ini sementara baru beras, sedangkan telur nantinya menyusul," terang Sanusi.


Dikatakan, untuk menghindari kerumunan massa atau antrian warga, saat penyerahan bantuan sosial itu, paket sembako akan disalurkan dari rumah ke rumah. Penyaluran dikoordinir oleh perangkat desa. 

Ketika nantinya ada warga miskin yang belum mendapat bantuan, maka perangkat desa diminta untuk segera mengajukan.

Anggaran untuk bantuan sosial ini, menurutnya berasal dari APBD tahun 2020. Semua anggaran pemerintah dialokasikan untuk kepentingan masyarakat. Seperti anggaran perjalanan dinas atau lainnya yang memang tidak terpakai, dialihkan untuk penanganan Covid-19.


"Bantuan sosial ini diberikan secara berkala selama tiga bulan. Harapan kami bantuan paket sembako ini bisa membantu mengurangi beban masyarakat," tuturnya.(agp)


BERITA TERKAIT