Tak Sesuai Usulan, Warga Sukoharjo Tolak Bantuan Pemkot Kota Malang untuk Warga Berdampak Covid-19 | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Tak Sesuai Usulan, Warga Sukoharjo Tolak Bantuan Pemkot Kota Malang untuk Warga Berdampak Covid-19

Tak Sesuai Usulan, Warga Sukoharjo Tolak Bantuan Pemkot Kota Malang untuk Warga Berdampak Covid-19 Warga Sukoharjo Kota Malang pilih galang bantuan swadaya karena usulannya ke Pemkot Malang tak sesuai usulan.(firman)

Klikapa.com - Warga Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen Kota Malang menolak bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Pemkot Malang. Pasalnya jumlah penerima bantuan  dampak Covid-19 itu tak sesuai yang diusulkan. Mereka pun akhirnya menggalang dana sendiri untuk bantu sesama yang membutuhkan secara swadaya. 


Mereka pun Kamis (23/4/2020) membagikan paket sembako pekada 130 pedagang kaki lima (PKL). Kegiatan itu dilakukan oleh warga RW 06.  


Para PKL penerima bantuan sembako ini sebelumnya diusulkan sebagai peneirma bantuan dari Pemkot. Dalam aktifitas mereka juga membentang banner tentang kegiatan pembagian paket sembako. Namun ada embel-embel ‘Pembagian Sembako dari RW 06  Bukan dari Pemkot.
 
Untuk diketahui, jenis bantuan yang seharusnya diterima berupa uang tunai sebesar Rp 300 ribu per warga pada setiap bulan. Bantuan tersebut rencananya diberikan dalam jangka waktu tiga bulan. Jadi total bantuan sebesar Rp 900 ribu.

Ketua RW 06 Sukoharjo Umar Munir menjelaskan dari rencana pemberian bantuan untuk warga terdampak Covid-19. 

“Awalnya RW diminta mendata PKL untuk terima bantuan dari pemkot. Data awal di RW 06 sebanyak 130 warga terdampak Covid-19. Ternyata bantuan hanya diberikan untuk 18 orang. Itu pun untuk satu kelurahan,” urai Umar.  

Akhirnya sepakat semua RW menolak bantuan tersebut. Umar pun berinisiasi menggunakan kas RW untuk membeli paket sembako kepada warga yang namanya tak muncul sebagai penerima bantuan  walau sebelumnya telah terdata. 

“Masyarakat  menggunakan kas RW dan sumbangan dari warga mampu dan pertokoan yang ada di RW 06. Hingga akhirnya bisa mengumpulkan 130 paket sembako," tambah Umar.


Bantuan dari swadaya masyarakat ini diserahkan di utara Masjid Noor Jalan Prof. Moch. Yamin, Kelurahan Sukoharjo. 


Informasi awalnya, pendataan yang dilakukan kelurahan Sukoharjo berdasarkan Surat Edaran Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang No 511/858/35.73.412/2020. Surat tertanggal 23 Maret 2020 ini meminta perangkat kelurahan


BERITA TERKAIT