Prihatin Moyet Wendit, Komunitas Pencita Binatang Bawakan 2 Karung Pisang | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Prihatin Moyet Wendit, Komunitas Pencita Binatang Bawakan 2 Karung Pisang

  • 19-05-2020 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3138
Prihatin Moyet Wendit, Komunitas Pencita Binatang Bawakan 2 Karung Pisang Kelompok pencita binatang saat datang dan memberi makan pisang moyet di tempat wisata Wendit

Klikapa.com – Video puluhan monyet hengkang dari habitatnya di kawasan siwata Wendit, Kabupaten Malang dengan melewati kabel listrik mendapat respon dari komunitas pecinta hewan. Video itu sebelumnya viral di media sosial Facebook.

Mengatasnamakan diri sebagai Pasukan Siap Brasak-Brasak (PSBB) Malang, komunitas ini mendatangi Taman Wisata Wendit Desa Mangliawan, Pakis Selasa (19/5/2020). Mereka membawa dua karung buah pisang dan komuniatas ini memberi makan monyet yang ada di tempat itu. 


J. Hartono, koordinator PSBB Malang mengatakan aksi memberi makan monyet ini spontan dilakukan.  Aksi ini diawali saat melihat video puluhan monyet yang menyeberang jalan melalui kabel listrik. 


“Waktu melihat video puluhan monyet menyeberang melewati kabel, kami trenyuh dan sangat prihatin. Saat itu juga langsung menghubungi teman-teman untuk menggalang dana,’’ ucap Hartono. 


“Ya sekalipun rekaman video itu bukan monyet dari sini (Wendit, red), tapi kami sangat prihatin. Sehingga saat itu kepikiran menggalang dana untuk memberikan makan binatang-binatang yang ada di area tempat wisata,’’ kata mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang ini. 


Dia mengaku simpati lantaran yakin binatang yang ada di tempat wisata kekurangan makanan. Terlebih sejak ada Pandemi Corona seluruh tempat wisata tutup. 


“Kalau tempat wisata buka, monyet-monyet di Wendit biasanya diberi makan oleh pengunjung. Tetapi sekarang tempat wisatanya tutup, bisa jadi mereka kekurangan makanan,’’ tuturnya. 


Dengan tetap memberikan makan hewan tersebut, Hartono berharap populasi monyet di Wendit tidak punah. Dia juga berharap monyet-monyet ini tidak masuk ke kawasan penduduk untuk mencari makan. 


“Rencananya kami satu minggu sekali ke sini untuk membawa makanan. Harapannya kami bisa masuk, sehingga monyet yang ada di dalam juga bisa ikut makan,’’ ungkapnya.


Memberikan makan monyet ini dikatakan Hartono tidak hanya dilakukan di Taman Wisata Wendit. Tettapi juga di Tempat Pemandian Air Panas Cangar atau


BERITA TERKAIT