Awali Sekolah dengan Daring, Siswa di Batu Diganggu Koneksi Tak Maksimal | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Awali Sekolah dengan Daring, Siswa di Batu Diganggu Koneksi Tak Maksimal

Awali Sekolah dengan Daring, Siswa di Batu Diganggu Koneksi Tak Maksimal Pembelajaran daring masih diterapkan siswa-siswi Kota Batu di tahun ajaran baru mulai Senin (13/7) kemarin.

Klikapa.com -Awal tahun ajaran baru di Kota Batu mulai dilakukan Senin (13/7/2020). Sayangnya, mengawali tahun sekolah dengan sistem daring itu diganggu dengan koneksi yang tak maksimal.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih menyebut pelaksanaan tahun ajaran baru itu sesuai empat ketentuan dari SKB 4 menteri pendidikan, kesehatan, dalam negeri, dan agama. 

"Mulai hari ini  pembelajaran tahun ajaran baru mulain berjalan. Saya tegaskan di Kota Batu tidak ada pelajaran tatap muka. Ini mengacu dari SKB 4 menteri," ujar Eny, Senin (13/7/2020). 

 

Dindik Kota Batu juga sudah mempersiapkan cara baru dalam menyiasati pembelajaran agar maksimal. Seperti yang dilakukan pemerintah pusat, Pemkot Batu bakal memanfaatkan televisi lokal ATV untuk menyajikan pembelajaran tingkat SD dan SMP. 

"Nah nanti setelah berjalan beberapa waktu, kami akan melakukan evaluasi. Jika sukses akan dilajutkan ke jenjang Paud," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu Wali Kelas VIII SMPN 4 Batu, Diyah Aulaning Ilmiah mengatakan di tahun ajaran bari ini pihaknya telah mempersiapkan pembelajaran daring melalui tutorial video pendek susuai materi mapel  via whatsapp. Selain pembelajaran daring melalui aplikasi zoom dan google classroom. 

"Hanpir tiga bulan lebih kami tidak bertemu dengan murid. Sehingga dalam penyampaian saya sampaikan melalui pesan whatsapp, zoom, dan google class room. Itupun secara bergantian karena tak semua siswa bisa menggunakan aplikasi tersebut," ungkapnya.

Menurutnya pembelajaran daring tidak bisa maksimal. Karena melihat dari latar belakang kelurga dan ekonomi serta terkendala sinyal. Sehingga selain melalui daring, siswa mengumpulkan tugas secara langsung di sekokah atau ke rumah guru. 

Meski begitu pihak SMPN 4 Batu sudah menyiapkan pembelajaran melalui video berdurasi sekitar lima menit. Dengan harapan pembelajaran bisa maksimal.

"Kemarin agar maksimal kami sudah take gambar untuk materi pembelajaran bagi anak-anak. Kami berharap metode ini bisa maksimal dalam untuk diterapkan dalam pembelajaran daring di tengah pandemi," harapnya. 

Kurang maksimalnya


BERITA TERKAIT