Desa Mojorejo Jadi Kluster Baru Covid-19 Kota Batu | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Desa Mojorejo Jadi Kluster Baru Covid-19 Kota Batu

Desa Mojorejo Jadi Kluster Baru Covid-19 Kota Batu Pemerintah Desa Mojorejo menerapkan protokol kesehatan secara ketat akibat transmisi lokal.

Klikapa.com -Desa Mojorejo, Junrejo, Kota Batu disebut menjadi kluster baru dan transmisi lokal Covid-19.

Jubir Gugus Satgas Covid-19 Kota Batu M. Chori menyebutkan wilayah itu khususnya berada di RW 6 Dusun Ngandat.

"Iya betul (kluster baru). Karena di Mojorejo sudah terjadi transmisi lokal," kata Chori , Senin (13/7/2020).

Hingga Senin (13/7) kemarin, pasien positif covid-19 di Kota Batu sudah mencapai 126 orang. Angka tertinggi pasien terkonfirmasi positif ada di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, jumlahnya 26 orang.

Lebih lanjut, Chori menyebut status kasus Covid-19 di Kota Batu kini masuk dalam zona orange. Untuk penyebaran Covid-19 masuk kategori resiko sedang berdasarkan data yang dirilis Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Perlu diketahui, status atau zona persebaran Covid-19 terdiri empat warna. Warna merah untuk kategori tinggi, oranye kategori sedang, kuning kategori rendah dan hijau kategori tidak terdampak.

Sebelumnya untuk Kota Batu masuk zona merah atau tinggi. Namun mengacu dari 14 kategori atau kriteria, Kota Batu turun menjadi zona orange per 8 Juli 2020 pakan lalu.

14 kriteria yang telah ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional di antaranya penurunan jumlah kasus positif, ODP, dan PDP selama dua minggu terakhir dari puncak kurang dari 50 persen.

Kemudian, penurunan jumlah meninggal dari kasus positif, ODP dan PDP selama dua minggu terakhir dari puncak kurang dari 50 persen.

Sementara Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menyebut terkait  status wilayahnya yang masuk zona orange, kini Satgas terus melakukan tracing secara masif di desa/kelurahan yang terjadi transmisi lokal. Tujuannya agar segera mengetahui warga yang terdampak Covid-19.

“Tracing secara masif yang kami lakukan agar segera diketahui persebaran Covid-19. Ini (tracing.Red) perlu dilakukan agar kasus positif Covid-19 tidak membludak dikemudian hari," paparnya.

Dengan penambahan kasus positif setiap harinya, wakil Satgas Covid-19 Kota Batu ini menghimbau kepada warga agar menerapkan protokol kesehatan.


BERITA TERKAIT