WALHI dan Pemkot Batu Sepakat Hentikan Sementara Wisata Alaska Dihentikan | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

WALHI dan Pemkot Batu Sepakat Hentikan Sementara Wisata Alaska Dihentikan

WALHI dan Pemkot Batu Sepakat Hentikan Sementara Wisata Alaska Dihentikan Pembangunan wisata Alaska di Dusun Srebet, Desa Pesanggrahan, Kecamatan/Kota Batu yang diprotes warga.(keridianto)

Klikapa.com -Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jatim dan Pemerintah Kota Batu turun tangan untuk mengatasi konflik antara warga dan Komunitas Sadar Alas di Dusun Srebet, Desa Pesanggrahan, Kecamatan/Kota Batu.

Konflik ini dipicu penggunaan areal konservasi Alas Kasinan (Alaska) sebagai tempat wisata alam di Dusun Srebet, Desa Pesanggrahan. Warga setempat tidak mengingini pembangunan wahana wisata itu.

Usai melakukan pembicaraan itu, Pemerintah Desa Pesanggrahan meminta agar Komunitas Sadar Alas menghentikan pengembangan wisata sementara waktu. WALHI Jatim pun meminta agar tempat wisata tersebut dikembalikan sebagai areal konservasi.

Kepala Desa Pesanggrahan Imam Wahyudi mengatakan Alaska masih dalam pembahasan lebih lanjut dan belum selesai. Meski begitu, agar tidak terjadi konflik operasional wisata Alaska dihentikan sementara waktu. 

"Intinya terkait permasalahan wisata Alaska belum selesai. Kami berikan imbauan kepada masyarakat (pengelola) supaya dihentikan dulu sampai ada hasil musyawarah yang selanjutnya," ujar Imam, Senin (10/8/2020).

Dalam pertemuan pada 5 Agustus lalu, ada tiga poin yang dihasilkan. Pertama menutup segala kegiatan perusakan dan pembalakan hutan Kasinan dan sekitarnya. Kedua melaksanakan UU nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan. Ketiga mengembalikan dan memulihkan serta melaksanakan fungsi Hutan Kasinan dan sekitarnya sebagai hutan lindung. 

Hasil tiga kesepakatan itu telah ditandatangani oleh Kepala Desa Pesanggrahan Imam Wahyudi pada 6 Agustus 2020.

Sementara itu, WALHI Jatim pada Minggu (9/8), juga turun tangan terkait aksi protes masyarakat masalah pembangunan Wisata Alam Alaska di Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu Kota Batu. 

Manajer Kampanye WALHI Jatim Wahyu Eka kepada awak media mengatakan WALHI berbicara dengan masyarakat dan riset terkait masalah itu. Dilihat juga dari hasil pengamatan di lapangan ada alih fungsi lahan.

"Ternyata benar ada alih fungsi lahan. Ini bisa mengancam keberlangsungan air bagi kehidupan masyarakat," kata Wahyu.

Menurutnya, kawasan hutan lindung harus dikonservasi demi menjaga lingkungan. Sehingga mampu menjaga ketersediaan air demi kehidupan masyarakat. Tapi, menurutnya


BERITA TERKAIT