Program Baru. Pasutri Dok Cerai, Status di KTP dan KK Langsung Berubah | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Program Baru. Pasutri Dok Cerai, Status di KTP dan KK Langsung Berubah

  • 12-08-2020 penulis : noval
  • dibaca :2856
Program Baru. Pasutri Dok Cerai, Status di KTP dan KK Langsung Berubah Pengadilan Agama (PA) Kota Malang bekerjasama dengan Dispenduk Capil di Malang Raya.

Klikapa.com –Penadilan Agama dan Dispenduk Capil di Malang Raya kini mulai melakukan sistem jaringan. Ini nantinya akan terkait perubahan status perkawinan.


Setelah Pengadilan Agama (PA) memutuskan perkara gugat cerai, perubahan status perkawinan akan langsung terkoneksi dengan DispendukCapil.


"Kami bekerja sama dengan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Malang-Batu dan Kementerian Agama Malang-Batu untuk program andalan ini,”  kata Ketua PA Kota Malang Mustofa yang melaunching program itu, Rabu (12/8/2020).


Menurut Mustofa, program baru itu, jika pasutri pasca perceraian, akte cerai untuk tiap orang akan otomatis terganti di status yang terdapat di KTP dan KK masing-masing. 


"Nanti KTP dan KK masing-masing dibawa ke Dispendukcapil dan ditukarkan dengan status baru," jelasnya. 


Sebelum ini, pergantian status pernikahan harus diajukan secara manual ke Dukcapil pasca cerai. Dengan inovasi ini, akan memangkas birokrasi yang memakan waktu lama. 


"Inovasi ini ada untuk menyingkat waktu pasangan pasca cerai," tambahnya. 


Sedangkan, inovasi antara PA dan Kemenag adalah program validasi status pernikahan pasca cerai sepasang suami-istri. Status pernikahan pasca sidang perceraian akan otomatis terganti di database Kemenag. 


"Sebelumnya juga harus mengurus manual. Sekarang sudah otomatis," ujarnya. 


Mustofa menambahkan, inovasi ini diluncurkan untuk meningkatkan tingkat pelayanan masyarakat Malang. Ia mengaku, kepuasan masyarakat Malang adalah prioritas PA saat ini. 


"Kami akan terus melakukan yang terbaik untuk masyarakat Malang," tuturnya. (fal/aim)
 


BERITA TERKAIT