Pemkab Malang Inisiasi Bangun Intalasi Air Bersih di Sungai Lesti | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pemkab Malang Inisiasi Bangun Intalasi Air Bersih di Sungai Lesti

  • 17-09-2020 penulis : Fino
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2682
Pemkab Malang Inisiasi Bangun Intalasi Air Bersih di Sungai Lesti Bendung Sengguruh di Kabupaten Malang yang membendung Kali Lesti.(istI

Klikapa.com - Pemkab Malang menginisiasi pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan membendung sungai Lesti, Bantur, Kabupaten Malang.

Direncanakan dibangun Tahun 2021, targetnya bisa menangani 6 wilayah kecamatan yang sering terjadi. Yakni, Bantur, Pagak, Donomulyo, Sumbermanjing Wetan, Gedangan dan Kalipare.

“SPAM akan digunakan untuk 6 kecamatan Malang selatan. Karena itu ada sosialisasi dan konsultasi publik ini,” kata Bupati Malang Sanusi, kepada wartawan, di Balai Desa Rejoyoso Bantur, (17/9/2020). 

Saat Sanusi meninjau kawasan yang akan menjadi SPAM itu, ia didampingi Direktur Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi. 


Sanusi pun berharap pembangunan SPAM bisa segera terealisasi. Karena, ada rakyat di 6 kecamatan yang membutuhkan SPAM. Tapi, dia juga mengingatkan agar air digunakan sebijaksana mungkin. Sungai Lesti, bukan hanya untuk generasi sekarang.


“Harus harmonis pengelolaannya. Perlu keterpaduan wilayah, sektor dan generasi. Air ini bukan cuma untuk kita sekarang. Tapi, harus diwariskan juga ke anak cucu kita,” tuturnya. 


Menurut Syamsul Hadi, pihak sudah melakukan survei kelayakan sungai Lesti terkait dengan rencana itu.


Dia mengungkapkan dari hasil surveinya itu, diprediksi 50 ribu pelanggan air bersih bisa memanfaatkan SPAM Lesti. Tapi, proses menuju pembangunan SPAM harus tuntas. 

Dia juga berkoordinasi dengan Perum Jasa Tirta (PJT) I. Serta, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWSB).

“Wewenangnya ada di PJT dan BBWSB. Kami perlu koordinasi dengan dua institusi ini. Rekomendasinya, kapasitas maksimalnya 1000 liter per detik. Tapi, minimal kami bisa menggunakan 500 liter per detik. Kami prediksi ini cukup untuk 50 ribu pelanggan,” sambung Syamsul.

Sungai Lesti memiliki kapasitas debit air hingga  22 ribu liter per detik. SPAM diproyeksi mulai dibangun 2021. Tenggat waktu penyelesaian pembangunannya adalah tahun 2023. Syamsul menyebut, anggaran pembangunan SPAM sebesar Rp 500 miliar. Sumber dana yang digunakan berasal dari dana gabungan.
 


BERITA TERKAIT