BKSDA Jatim Lepasliarkan 7 Ekor Lutung Jawa di Tahura Raden Soerjo | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

BKSDA Jatim Lepasliarkan 7 Ekor Lutung Jawa di Tahura Raden Soerjo

BKSDA Jatim Lepasliarkan 7 Ekor Lutung Jawa di Tahura Raden Soerjo Tujuh Ekor Lutung Jawa yang dilepasliarkan BKSDA jawa Timur.(kerisdijanto)

Klikapa.com -Tujuh ekor primata jenis Lutung Jawa dilepas liarkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Kamis (26/11/2020).

Sebelum melepasliarkan  tujuh Lutung Jawa, BKSDA telah melakukan karantina dan rehabilitasi terlebih dahulu selama 1,5 tahun di Javan Langur Center, Coban Talun, Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Project Manager Javan Langur Center - The Aspinall Foundation Indonesia Program (TAF IP), Iwan Kurniawan mengatakan selain menjalani karantina dan rehabilitasi, primata yang dilepasliarkan sudah menjalani pemeriksaan kesehatan secara bertahap dan lengkap di Javan Langur Center.

"Pemeriksaan bertujuan untuk memastikan Lutung Jawa terbebas dari penyakit berbahaya menular seperti TBC, hepatitis B, herpes simplex, SIV (Simian Immunodeficiency Virus), STLV (Simian T-lymphotropic virus) dan SRV (Simian Retro Virus)," kata Iwan kepada media. 

Ke tujuh primata itu juga sudah dipasang microchip transponder dalam tubuhnya. Dengan begitu lutung-lutung tersebut akan termonitor secara intensif oleh tim monitoring TAF IP.

Iwan menyampaikan jika sejak tahun 2012 Balai Besar KSDA Jawa Timur  dan The Aspinall Foundation Indonesia Program telah melakukan 19 kali pelepasliaran Lutung Jawa dengan total 102 ekor. Dengan pelepasan di dua tempat, yakni Tahura Raden Soerjo dan Hutan Lindung Malang Selatan.

"Untuk Lutung Jawa yang dilepas di Hutan Coban Talun (Tahura Raden Soerjo) sebanyak 41 ekor. Sedangkan yang dilepas di Hutan Lindung Malang Selatan sebanyak 61 ekor," bebernya.

Ia manambahkan, dari tujuh Lutung yang dilepas berusia 2-7 tahun dan hanya satu Lutung yang berjenis kelamin laki-laki. 

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI BBKSDA Jawa Timur Mamat Ruhimat menambahkan bahwa dari hasil monitoring rutin pasca pelepasliaran, sejumlah Lutung Jawa mampu bertahan hidup dengan baik. 

Bahkan beberapa individu sudah berkembangbiak dan sebagian lagi bergabung dengan populasi liar di habitat barunya.

Pihaknya menghitung populasi (Lutung) awal di Hutan Coban


BERITA TERKAIT