RS Rujukan Covid-19 Penuh, RS Lapangan Dikebut 10 Hari Siap Digunakan | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

RS Rujukan Covid-19 Penuh, RS Lapangan Dikebut 10 Hari Siap Digunakan

RS Rujukan Covid-19 Penuh, RS Lapangan Dikebut 10 Hari Siap Digunakan Sekda Pemprov Jatim Heru Tjahjono saat melihat kesiapan RS Lapangan untuk menampung pasien Covid-19.(firman)

Klikapa.com -Atasi kondisi rumah sakit yang penuh untuk pasien Covid-19, persiapan Rumah Sakit (RS) Lapangan terung dikebut. Diproyeksinya dalam waktu 10 hari ke depan RS di lingkungan kampus Politeknik Kesehatan Malang (Polkesma) bisa segera operasi.

Kesiapan RS Lapangan ini, Selasa (1/12/2020) ditinjau Sekda Pemprov Jatim Heru Tjahjono.
 
Ia melihat seluruh sudut lokasi RS Lapangan yang berlokasi di eks asrama Polkesma Malang. 

“Kami tidak akan mendesain ulang, tapi renovasi,” tegas Heru di sela-sela peninjauan  lokasi.

Renovasi berkaitan dengan penunjang kamar berupa bed bagi pasien Covid-19. Puluhan kamar bekas asrama mahasiswa akan direnovasi menjadi ruang perawatan dan ruang isolasi pasien Covid-19. 

Begitu juga ruangan seperti bekas ruang adminsitrasi atau ruang tamu pun segera disulap menjadi kamar. Jika dimaksimalkan, maka akan ada 306 bed yang bisa disiapkan di RS Lapangan ini.

“Karena nanti juga akan dibuat kamar sendiri yang ada pressure negative (kamar khusus pasien Covid-19 yang membutuhkan alat ventilator). Selebihnya kamar-kamar ini akan dimodifikasi untuk bisa tampung banyak bed,” terang dia. 

Renovasi itu kata Heru, harus dilakukan cepat dan maksimal. Sebab instruksi langsung Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Ini menyusul kondisi kasus Covid-19 di Jawa Timur, khususnya di Malang Raya meningkat.
 
“Nanti akan ada penambahan fasilitas olahraga hingga kafetaria,” ucap Heru. Usai melihat seluruh areal, ia menegaskan renovasi harus selesai dilakukan dalam waktu 10 hari kedepan. 

“Jumat minggu depan, Bu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) akan mengecek langsung ke sini. Intinya harus sudah siap operasi saat itu,” sambung Heru. 


Seentara Direktur RSSA Malang dr Kohar Hari Santoso menjelaskan  segera berkoordinasi dengan timnya untuk melaksanakan perbaikan dan renovasi RS Lapangan. 

“Sesuai arahan akan ada tambahan bed. Fasilitas seperti ruang negative pressure juga akan kita siapkan sampai 16 kamar,” tegas dr Kohar. 
 


BERITA TERKAIT