Sungai Serayu Meluap, Banyumas Banjir Ratusan Warga Mengungsi | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Sungai Serayu Meluap, Banyumas Banjir Ratusan Warga Mengungsi

  • 03-12-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1710
Sungai Serayu Meluap, Banyumas Banjir Ratusan Warga Mengungsi Banjir di banyumas meluas karena luapan Sungai Serayu.(dok.antara)

Klikapa.com -Banjir yang mengenangi sejumlah wilayah Banyumas hingga ke Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (3/12/2020). Akibatnya ratusan orang dilaporkan mengungsi.

Banjir akibat luapan Sungai Serayu ini dikabrnya juga telah merendam Kecamatan Kemangkon dan Purbalingga Kota, Kecamatan Kalibagor, Banyumas, Somagede, Patikraja, dan Rawalo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga mencatat pengungsi banjir tersebar di tiga titik lokasi.

"SD 1 Jetis dengan jumlah pengungsi 150 orang, Balai Desa Toyareka 30 orang dan Desa Gambarsari ada sekitar 100 orang lebih," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga Umar Fauzi di Purbalingga, seperti dikutip antara, Kamis (3/12/2020).

Dia mengatakan pihaknya masih terus melakukan upaya tanggap darurat dan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir.

"Sebagian wilayah genangan air sudah mulai surut namun di wilayah Gambarsari, Muntang dan Sumilir tinggi muka air masih cukup tinggi sehingga warga masih bertahan di pengungsian," katanya.

Dia mengatakan pihaknya pada saat ini sudah menyalurkan logistik ke lokasi-lokasi pengungsian.

"Logistik untuk keperluan dapur umum, beras, mie instan, sayur, sarden dan kebutuhan lain sudah kita kirimkan. Petugas gabungan dari TNI/Polri, BPBD Purbalingga, relawan kebencanaan dan kemanusiaan, PMI, Baznas, Basarnas, Tagana dan unsur lain juga sejak semalam sudah turun bersama bahu membahu untuk melakukan evakuasi," katanya.

Dia menambahkan pihaknya juga sudah menerima bantuan dari Pemkab Banjarnegara, Pemkab Banyumas serta Pemkab Cilacap dan langsung menyalurkan bantuan tersebut kepada warga di lokasi pengungsian.

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas juga menerjunkan personel untuk membantu evakuasi terhadap warga yang menjadi korban banjir, salah satunya di Desa Tambaknegara.
 


BERITA TERKAIT