75 Orang Pendidik dan Dosen Terpapar Covid-19, Universita Brawijaya Terapkan Prokes Ketat | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

75 Orang Pendidik dan Dosen Terpapar Covid-19, Universita Brawijaya Terapkan Prokes Ketat

  • 03-12-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1881
75 Orang Pendidik dan Dosen Terpapar Covid-19, Universita Brawijaya Terapkan Prokes Ketat ilustrasi.(ist)

Klikapa.com -Sebanyak 75 orang civitas akademika dan tenaga pendidik (tendik) di Universitas Brawijaya (UB) Malang dilaporkan terpapar Covid-19. Akibat kejadian itu, rektor UB menginstruksikan penegakan protokol kesehatan (Prokes) secara ketar dan pencegahan penularan Covid-19 di Lingkungan kampus Universitas Brawijaya.

Ketua Tim Monitoring evaluasi fasilitasi implementasi kampus tangguh (Monevfas) UB, Unti Ludigdo, menyatakan jika saat ini jumlah civitas akademika dan tendik UB yang terpapar Covid-19 semakin meningkat.

"Ada beberapa tendik dan dosen UB saat ini terpapar Covid-19 sedang dalam perawatan dan isolasi mandiri,"katanya dalam keterangan kepada wartawan, Kamis (3/12/2020).

Menurut Unti Ludigdo, menyikapi situasi seperti ini, UB mengeluarkan Instruksi Rektor No. 9644 Tahun 2020 tanggal 24 November 2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan dan Pencegahan Penularan Covid-19 di Lingkungan Universitas Brawijaya untuk dipatuhi seluruh civitas akademika UB.

Ia menjelaskan isi dari Instruksi Rektor tersebut antara lain meminta seluruh tenaga pendidik dan dosen untuk menegakkan protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19 dalam lingkup kerjanya masing-masing serta mengaktifkan kembali satuan tugas penanganan dan pencegahan Covid- 19 atau satuan tugas kampus tangguh di masing-masing unit kerja.

Kata Unti Ludigdo, selain itu, untuk mengurangi risiko terjadinya penularan Covid-19 kepada civitas akademika, UB melarang pelaksanaan segala kegiatan yang akan diikuti orang lebih dari 50% dari kapasitas ruang di dalam kampus dan melarang pelaksanaan kegiatan di hotel atau tempat umum lainnya di luar kampus.

Terkait kejadian ini pihak civitas akademika pun diminta untuk lebih selektif dalam menyetujui kegiatan yang menghadirkan tamu dari luar UB dan memastikan berlakunya protokol kesehatan. "Dengan semestinya apabila kegiatan itu harus dilakukan dan melaporkan kepada tim pencegahan dan penanggulangan Covid-19 UB," tegasnya.

Dia menandaskan pihaknya akan lebih selektif dalam memberikan tugas kepada dosen yang menjadi narasumber atau tugas lainnya pada forum yang diminta instansi atau pihak ketiga lainnya. 

Bahkan, untuk mengantisipasi penularan


BERITA TERKAIT