Tiga Desa di Batu Raih Dewi Cemara di Jambore Desa Wisata | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Tiga Desa di Batu Raih Dewi Cemara di Jambore Desa Wisata

Tiga Desa di Batu Raih Dewi Cemara di Jambore Desa Wisata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq bersama perwakilan Pemdes Punten saat meraih penghargaan Dewi Cemara di JTP 3 Kota Batu.

Klikapa.com - Tiga desa di Kota Batu, Desa Sumbergondo, Punten dan Bumiaji meraih pengharkaan sebagai desa Wisata Cerdas, Mandiri dan Sejahtera (Dewi Cemara). Penghargaan itu diberikan Dinas Pariwisata Kebudayaan Provinsi Jawa Timur saat pelaksanaan Jambore Desa Wisata di Kota Batu, Minggu (6/12/2020). 

Jambore Desa Wisata itu digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jatim, 3-5 Desember di Jawa Timur Park (JTP) 3 Kota Batu. Ajang ini diikuti perwakilan dari Pokdarwis di 38 kota/kabupaten di Provinsi Jatim.

Jambore ini dalam rangka memperkenalkan potensi desa wisata kabupaten/kota se Jawa Timur. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan Jambore Desa Wisata ini bisa menjadi salah satu wadah promosi bagi desa wisata, khususnya di Kota Wisata Batu. Nantinya diharap berdampak pada perekonomian masyarakat Kota Batu. 

"Kami senang selain ditunjuk sebagai tuan rumah. Dalam ajang ini ada tiga desa di Kota Batu yang meraih penghargaan Dewi Cemara dari Dinas Pariwisata Kebudayaan Provinsi Jawa Timur. Ini tak lepas dari peran pemerintah desa dan partisipasi masyarakat," ujar Arief,  Minggu (6/12).  

Prestasi itu katanya, sangat positif untuk menodorong pemerintah desa dan masyarakat dalam mengembangkan potensi di tiap-tiap desa/kelurahan. Itu dibuktikan oleh pemerintah desa dan masyarakat dengan mengekspolre potensi-potensi yang ada menjadi daya tarik untuk wisatawan. 

"Desa wisata memang sudah menjadi prioritas pembangunan Kota Batu yang bermuara untuk terwujudnya visi 'Desa Berdaya Kota Berjaya'. Sehingga segala upaya dilakukan semua instansi terkait dan masyarakat untuk mengembangkan potensi yang ada," terangnya.

Secara geografis, tiga desa di Kecamatan Bumiaji ini lanjutnya dia, memang memiliki daya tarik  tersendiri. Berada di wilayah pegunungan, panorama alam dan pertanian yang luar biasa.

"Oleh karena itu dengan prestasi yang diraih, bisa menjadi inspirasi bagi desa lainnya. Sekarang kami terus mendorong seluruh desa/kelurahan di Kota Batu untuk mengeksplore potensi yang ada," bebernya.(eri/jon)
 


BERITA TERKAIT