Basarnas Akhiri Pencarian Korban Sriwjaya Air SJ 182, Esok akan Tabur Bunga | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Basarnas Akhiri Pencarian Korban Sriwjaya Air SJ 182, Esok akan Tabur Bunga

  • 21-01-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1305
Basarnas Akhiri Pencarian Korban Sriwjaya Air SJ 182, Esok akan Tabur Bunga Ilustrasi pencarian korban kecelakaan pesawat oleh Tim Basarnas.(dok.antara)

Klikapa.com -Badan SAR Nasional (Basarnas) resmi mengakhiri masa operasi pencarian korban jatuhnya pesawat Srwijaya Air SJ 182. Pencarian Kamis (21/1/2021) menjadi hari terakhir.

"Hari ini, hari Kamis tanggal 21 Januari 2021 pada pukul 16.57 WIB, operasi pencarian dan pertolongan terhadap pesawat Sriwajaya Air SJ 182, secara resmi saya nyatakan ditutup atau penghentian, " Kepala Basarnas Bagus Puruhito, di Jakarta.

Menurutnya, penetapan itu setelah melalui pertimbangan teknis hasil temuan korban, efektivitas, pertemuan beberapa kali dengan pihak keluarga korban, masukan-masukan dari unsur di lapangan.

''Dan terakhir kita melaksanakan rapat yang dipimpin Menteri Perhubungan," kata dia.

Dengan begitu pada Kamis (21/1) hari ini, merupakan hari terakhir masa pencarian Sriwijaya Air SJ 18. Sebelumnya upaya pencarain ini telah melalui dua kali masa perpanjangan masing-masing dua hari. Pada tahap awal, masa pencarian dilakukan selama 7 hari. 

Meski demikian, Bagus menyebut pihaknya akan tetap melakukan pemantauan secara aktif. Pihaknya juga akan merespons temuan korban oleh warga. 

"Selanjutnya akan dilaksanakan dengan operasi lanjutan yaitu berupa pemantauan, pemonitoring secara aktif," aku dia.

"Dan bila di kemudian hari ada laporan dari masyarakat yang melihat dan menemukan yang diduga bagian dari korban atau korban kepada Basarnas, kami akan merespons untuk menindaklanjuti penemuan tersebut," tambahnya.

Selain itu, pihaknya pun akan melaksanakan tabur bunga bersama kerabat korban.

"Dan selanjutnya besok direncakan tanggal 22 Januari akan dilaksankaan tabur bunga bersama keluarga," kata Bagus.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut pihaknya tetap berkomitmen menindaklanjuti hasil operasi pencarian.

"Hari ini adalah hari terakhir perpanjangan daripada Basarnas dan dengan berbagai pertimbangan kita menutup operasi hari ini. Tapi kami berkomitmen tetap lakukan upaya-upaya dan mengalihkan lead di lapangan ini kepada KNKT," tandasnya.
 


BERITA TERKAIT