Wali Kota Malang Dead Line Matahari Dept Store Terkait Revitalisasi Pasar Besar | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Wali Kota Malang Dead Line Matahari Dept Store Terkait Revitalisasi Pasar Besar

Wali Kota Malang Dead Line Matahari Dept Store Terkait Revitalisasi Pasar Besar Pasar Besar Kota Malang yang menjadi tidak terurus setelah Matahari Tutup Gerainya sejak kebakaran tahun 2016.(ist)

Klikapa.com -Wali Kota Malang Sutiaji memberikan dead line atau batas waktu seminggu terhadap manajemen Matahari Dept Store terkait revalitalisasi Pasar besar Kota Malang.


Seperti diketahui, setelah pasar di pusat kota itu terbakar pada 2016 lalu, manajemen Matahari Dept Store, hengkang di areal itu. Meskipun kala itu persil Matahari yang ada di lantai tiga tidak tersentup api.


Dampaknya, hingga saat ini lantai tiga dan empat pasar itu menjadi tidak berpenghuni, terbengkalai. Perbaikan hanya dilakukan seperlunya agar pasar dapat kembali beroperasi. Akibatnya di areal itu menjadi kumuh dan banyak atap yang bocor saat hujan deras.

 “Saya memberikan batas waktu satu minggu agar mereka memutuskan, revitalisasi Pasar Besar,” jelas Sutiaji, Jumat (29/1/2021) usai mengikuti rapat virtual bersama tim managemen PT Matahari Dept Store.

Hasil rapat secara virtual tersebut pihak manajemen Matahari Dept Store belum bisa menentukan, apakah mau merobohkan total bangunan atau merenovasi sebagian saja dari gedung tersebut. 

Pemkot Malang memiliki Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Matahari hingga 2034 untuk di Pasar Besar.

Sebelumnya Pemkot Malang dengan tim ahlinya, dari Universitas Brawijaya (UB) menganalisa bahwa gedung Pasar Besar secara total harus dibongkar untuk revitalisasi. Tapi ada pula kajian daritim ITS (Inistitut Teknologi Surabaya)  pada 2019, merekomendasikan revitalisasi sebagian bangunan saja.

“Kami minta segera ambil keputusan,” tegas Sutiaji.

Ia menegaskan, Pemkot menargetkan pembangunan revitalisasi Pasar Besar di 2022 mendatang. Pria kelahiran 1964 ini juga menyampaikan poin-poin mengapa revitalisasi Pasar Besar urgen untuk segera dibangun secepatnya. (ica/aim)
 


BERITA TERKAIT