AHY Surati Presiden Jokowi Terkait Isu Kudeta Politik di Demokrat | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

AHY Surati Presiden Jokowi Terkait Isu Kudeta Politik di Demokrat

  • 01-02-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3621
AHY Surati Presiden Jokowi Terkait Isu Kudeta Politik di Demokrat Ketua Umum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).(dok.cnn)

Klikapa.com -Memastikan ada unsur pemerintah terlihat dalam manuver politik di Partai Demokrat (PD), Ketua Umum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyurati Presiden Joko Widodo.  

"Tadi pagi, saya telah mengirimkan surat secara resmi kepada Yang Terhormat Bapak Presiden Joko Widodo untuk mendapatkan konfirmasi dan klarifikasi dari beliau terkait kebenaran berita yang kami dapatkan ini," kata AHY dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Senin (1/2/2021).

AHY mengklaim manuver itu diinisiasi kader, eks kader Partai Demokrat, hingga pejabat pemerintahan.

Ia mengklaim upaya tersebut sudah mendapatkan dukungan dari sejumlah menteri dan pejabat penting di pemerintahan Jokowi.

"Menurut kesaksian dan testimoni banyak pihak yang kami dapatkan, gerakan ini melibatkan pejabat penting pemerintahan, yang secara fungsional berada di dalam lingkar kekuasaan terdekat dengan Presiden Joko Widodo," kata dia.

Lebih lanjut, AHY mengatakan telah mendapatkan laporan dari banyak pimpinan dan kader partai Demokrat di pelbagai tingkatan tentang rencana kudeta politik tersebut.

AHY awalnya tak begitu percaya kepada para pelapor saat menyebutkan nama tokoh yang berencana kudeta kepemimpinan Demokrat. Sebab, posisi dan faktor latar belakang pelaku tersebut yang dinilai jauh dari hal tersebut.

"Tetapi, lebih dari delapan saksi mengatakan: telah bertemu langsung dengan pejabat pemerintahan itu dan mendengar secara langsung pula rencana-rencananya," kata dia.

Melihat upaya itu, AHY menegaskan akan mempertahankan kedaulatan dan kehormatan partai. Ia tak rela bila kekuasaannya diambil alih secara inkonstitusional oleh pihak manapun.

"Saya telah menerima surat pernyataan kesetiaan dan kebulatan tekad, dari seluruh pimpinan di tingkat daerah dan cabang di seluruh Indonesia, untuk tunduk dan patuh kepada Partai Demokrat dan kepemimpinan hasil Kongres V Partai Demokrat yang sah," kata dia.
 


BERITA TERKAIT