Relokasi Warga Terancam Longsor, Pemkot Batu Alokasikan Dana Rp 250 Juta | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Relokasi Warga Terancam Longsor, Pemkot Batu Alokasikan Dana Rp 250 Juta

Relokasi Warga Terancam Longsor, Pemkot Batu Alokasikan Dana Rp 250 Juta Lahan Relokaso warga Dusun Brau Kota Batu yang telah disiapkan Pemkot setempat.(firman)

Klikapa.com -Pemkot Batu anggaran Rp250 juta untuk pembelian lahan relokasi pemukiman warga yang terancam longsor di Dusun Brau Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Nantinya lahan itu akan dibangun rumah untuk menampung 11-13 Kepala keluarga. 

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengaku sudah mengkomunikasikan dengan warga terdampak longsor untuk relokasi. Untuk lokasi lahan relokasi berada di belakang TPQ Dusun Brau.

"Nanti di lahan tersebut akan dipergunakan untuk sekitar 11-13 KK untuk membangun rumah. Luasnya 1.300 - 1.500 meter persegi. Untuk harga tanah pemilik menawarkan Rp 300 ribu per meter. Namun setelah dilakukan tawar menawar harganya ketemu di angka Rp 250 ribu per meter," ujar Punjul, Kamis (18/2/2021). 

Menurutnya anggaran itu akan diambilkan dari dana belanja tidak terduga (BTT). Dengan pembebasan itu, ia berharap warga Bru yang kini ditampung  di tenda sementara, bisa segera mendapatkan rumah yang layak.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim menyebutkan dari hasil pendataannya, tercatat 16 KK dengan 53 jiwa warga Dusun Brau, yang terdampak ancaman longsor. Dari jumlah itu, 13 KK dengan 47 jiwa saat ini menempati tenda penampungan.

"sedangkan jumlah ternak terdampak warga terdampak itu sebanyak 42 ekor sapi dan 13 ekor kambing," terangnya. (eri/jon)
 


BERITA TERKAIT