Edarkan Sabu, Warga Wagir Dibekuk | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Edarkan Sabu, Warga Wagir Dibekuk

Edarkan Sabu, Warga Wagir Dibekuk Tersangka Surosa dan barang bukti yang diamankan polisi.(ist)

Klikapa.com -Suroso, 39, warga Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, dibekuk Polres Gresik, karena mengedarkan narkotika jenis sabu-sabu (SS), akhir pekan lalu.

Modusnya membungkus paketan sabu menggunakan bekas pembungkus kabel. Itu dilakukan untuk mengelabuhi polisi. Namun polisi tetap berhasil mengendusnya.

“Tersangka Suroso ini kami tangkap di By Pass Krian Sidoarjo. Dia ini adalah pengedar narkotika jenis sabu,” ucap Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Senin (1/3).

Penangkapan tersangka bermula dari pengembangan kasus narkoba. Sebelumnya polisi menangkap Mochammad Salahudin warga Kenjeran Surabaya, saat mengedarkan sabu di wilayah Gresik Selatan. 

Dari penangkapan Salahudin, polisi mengembangkan kasusnya. Hasil penyelidikan diketahui bahwa dia mendapat pasokan sabu dari Suroso. 

“Mereka berdua ini adalah satu jaringan di Jatim. Sama-sama pengedar sabu di wilayah Gresik Selatan,” tegasnya.

Menurut Arief, sewaktu ditangkap Suroso sempat berkelit. Dia mengelak tuduhan sebagai pengedar sabu. Namun, polisi tidak patah arang.

Penggeledahan terhadap tersangka pun dilakukan. Hasilnya petugas menemukan sepotong bekas pembungkus kabel yang di dalamnya berisi sepoket plastik berisi serbuk putih sabu. Ditemukannya barang bukti itu, Suroso tidak lagi mengelak.

Dia akhirnya pasrah ketika digelandang ke Polres Gresik. “Kami mengamankan barang bukti sabu seberat 0,38 gram. Sabu itu disembunyikan di saku depan celananya,” ujarnya.

Terkait kasus ini, petugas juga menyita satu pipet kaca bekas pakai, sepotong sekrop dari sedotan plastik. Satu botol bekas beserta tutupnya serta satu unit ponsel Polytron warna silver dan uang Rp 200 ribu yang dijadikan barang bukti.

“Tertangkapnya pelaku ini menandakan kami tidak main-main terhadap narkotika. Petugas juga tidak segan-segan melakukan tindakan tegas terhadap pengedar sabu,” tandas perwira polisi dengan pangkat dua melati di pundaknya ini.

Setelah menjalani pemeriksaan, Suroso ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat pasal 114 ayat 1 sub pasal 112 ayat 1 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika jo pasal 84 ayat 2 KUHAP diancam


BERITA TERKAIT