Mutasi Virus Mutasi Corona dari Inggri Masuk RI, Masyarakat Diminta Lebih Ketat Prokes | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Mutasi Virus Mutasi Corona dari Inggri Masuk RI, Masyarakat Diminta Lebih Ketat Prokes

  • 03-03-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1317
Mutasi Virus Mutasi Corona dari Inggri Masuk RI, Masyarakat Diminta Lebih Ketat Prokes Virus mutasi Corona dari Inggris masuk RI, masyarakat diminta makin ketat jalankan protokol kesehatan.(ipunk)

Klikapa.com -Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi  meminta masyarakat semakin waspada dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Itu disebutkan terkait dengan telah masuknya paparan kasus mutasi virus corona asal Inggris atau B.1.1.7 ke Indonesia.

Menurutnya, dua kasus mutasi virus corona asal Inggris atau B.1.1.7, masuk ke Indonesia berasal dari WNI yang kembali dari Arab Saudi. 

"Ini dari pelaku perjalanan yang kembali dari Arab Saudi ya," kata Nadia seperti dikutip kompas.com, Rabu (3/3/2021). 

Nadia mengatakan, mutasi virus corona B.1.1.7 berbeda dari virus corona yang muncul pertama kali di Wuhan, China. Ia mengatakan, mutasi virus corona tersebut lebih cepat menular. Namun, tidak mematikan. 

"WHO belum mendapatkan laporan bukti bahwa virus mutasi Covid-19 ini lebih tinggi tingkat keganasannya," ujar dia.  

Lebih lanjut, Nadia menyebut, gejala yang ditimbulkan mutasi virus corona ini sama seperti virus corona yang ada. Karenanya ia meminta masyarakat semakin waspada dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus.

"Dan segera mengetahui secara dini kalau kita ada kemungkinan Covid-19 dengan tes dini dan melakukan isolasi," ucap Nadia. 

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono mengonfirmasi, mutasi virus corona dari Inggris atau B.1.1.7 sudah masuk ke Indonesia. Dante mengatakan, ditemukan dua kasus Covid-19 dengan mutasi virus corona tipe B.1.1.7 tersebut. 

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B.1.1.7 UK di Indonesia, ini fresh from the oven baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata Dante dalam acara "Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi", Selasa (2/3/2021).
 


BERITA TERKAIT