Dishub Kota Malang Lengkapi Sarana E-Tilang | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Dishub Kota Malang Lengkapi Sarana E-Tilang

  • 03-03-2021 penulis : muhaimin
  • dibaca :1947
Dishub Kota Malang Lengkapi Sarana E-Tilang Dishub Kota Malang terus pasang CCTV sarana e-tilang.(ipunk)

Klikapa.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang terus melakukan pemasangan prasarana untuk mendukung program e-tilang. Mulai dari pemasangan rambu hingga kamera pengawas CCTV di persimpangan Hotel Savana, Rabu (3/3/2021). 

Kasie Manajemen Rekayasa dan Keselamatan Lalu Lintas Dishub Kota Malang Heriono mengatakan, pemasangan rambu dan CCTV tersebut merupakan bagian dari persiapan awal. Sedangkan untuk pemasangan kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) segera menyusul.

”Ini masih awal saja sebagai persiapan dan memang di titik ini akan terpantau kamera e-Tilang," kata Heriono kepada awak media, Rabu (3/3).

Rencananya, kamera untuk mendukung e-Tilang akan dipasang di tiga titik di Kota Malang. , Yakni di traffic light Hotel Savana, Jalan Borobudur dan traffic light jembatan Soekarno-Hatta. 

Soal kapan pemberlakuan e-Tilang, Heriono belum  bisa memastikan. Untuk saat ini ia harus memastikan kesiapan sarana pendukungnya. Sehingga sewaktu waktu konsep e-Tilang akan diterapkan, sarana dan prasarana telah mamadai.

Heriono berharap dengan konsep e-Tilang tersebut dapat memotivasi masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran lalu lintas. 

”Mohon doanya saja, semoga penerapan e-Tilang mampu mendisiplinkan para pengendara untuk taat aturan," tandasnya. 

Sebelumnya, Dishub Kota Malang bersama dengan Satlantas Polresta Malang telah melakukan kajian dan studi mendalam di Kota Surabaya yang telah efektif memberlakukan sistem atau konsep serupa.  Bahkan telah dipastikan tahun ini e-Tilang dapat dilakukan.

"Kami sudah bersurat kepada wali Kota Malang. Untuk 2021 ini akan diadakan sebanyak dua hingga tiga titik kamera ETLE. Karena biaya kamera ini, per-titiknya mulai Rp 400 juta hingga Rp 500 juta," Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution beberapa waktu lalu. 

Kelebihan kamera ETLE tersebut lanjut Rama, sapaannya, yaitu bisa merekam jenis pelanggaran lalu-lintas seperti pengendara yang tidak memakai helm, melanggar marka jalan atau beberapa jenis pelanggaran lainnya. 

"Kemungkinan untuk pemasangan kamera ETLE itu dalam tiga bulan kedepan dapat terlaksana. Mungkin satu sampai dua titik


BERITA TERKAIT