Layanan Vaksinasi Drive Thru di Kota Malang Priooritas Lansia | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Layanan Vaksinasi Drive Thru di Kota Malang Priooritas Lansia

Layanan Vaksinasi Drive Thru di Kota Malang Priooritas Lansia ilustrasi.(ist)

Klikapa.com - Layanan vaksinasi Covid-19 secara drive thru untuk lanjut usia (Lansia) per 1 April 2021 di Kota Malang ternyata sangat terbatas. Ada kemungkinnya hanya 500 orang. 

Sedangkan dari 75 ribu Lansia yang terdata untuk menerima vaksinasi, bisa melakukan vaksinasi di vaskes di Kota Malang. Para lansia, bisa mendaftar melalui apliksi mitra di Halodoc.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif menyampaikan, jumlah vaksin yang sudah disiapkan sebanyak 18,5 ribu vaksin. Setiap orang harus mendapat 2 kali suntikan vaksin.

“Jumlah Lansia terdata di Kota Malang sendiri sebanyak 75 ribu. Pelaksanaan vaksinasi Lansia bakal dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kapasitas ketersediaan vaksin. Pertama dimulai dengan drive thru itu dulu,” kata Husnul, Kamis (25/3/2021). 

Menurut Husnul, mereka yang mendaftar di aplikasi tersebut akan diprioritaskan mendapat vaksinasi secara drive thru pada 1 April. Jatah untuk vaksinasi drive thru untuk 500 orang Lansia misalnya, sisanya masih bisa menjalani vaksin di fasilitas kesehatan (Faskes) yang tersebar di Kota Malang.

"Untuk yang drive thru melalui aplikasi di Halodoc, nanti di drive thru berapa kapasitasnya dengan ketersediaan vaksin akan kami rapatkan bersama, mungkin cukup 500 untuk tanggal 1 April. Selebihnya sisa vaksin itu bisa dilayani di 80 faskes yang sudah tersebar di Kota Malang," tegas Husnul.

Mantan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Malang ini menyebut, pendaftaran melalui aplikasi tersebut dalam pekan ini akan diluncurkan untuk segera bisa diakses oleh masyarakat.

Di aplikasi ini nanti, mereka yang mendaftar akan diberikan arahan. Lebih jauh, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 akan terus dioptimalkan. Mengingat, prioritas di tahap pelayanan publik dan di Kota Malang masih banyak yang belum divaksin. 

"Ini Lansia dulu, begitu vaksin datang nanti kita bagi lagi. Karena yang belum itu pedagang pasar, perhotelan dan atlet belum sama sekali. Sehingga ada beberapa layanan


BERITA TERKAIT