Layanan SIM Lewat Aplikasi SINAR di Malang, Sabar Ya.... | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Layanan SIM Lewat Aplikasi SINAR di Malang, Sabar Ya....

  • 14-04-2021 penulis : muhaimin
  • dibaca :2649
Layanan SIM Lewat Aplikasi SINAR di Malang, Sabar Ya.... Kasatlantas Polresta Malang Kota menunjukkan hasil perpanjangan SIM melalui aplikasi SINAR, Rabu, (14/4) di Mapolresta Malang Kota.

Klikapa.com -Warga Kota Malang yang ingin menikmati layanan perpanjangan SIM online cukup hanya dari handphone dengn aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) sepertinya masih harus bersabar. Meski aplikasi ini sudah bisa di download di playstore, layanan ini masih terkendala untuk wilayah Malang Kota.

Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Ramadhan Nasution menuturkan, aplikasi ini belum bisa beroperasi maksimal di Kota Malang. Setidaknya sepekan ke depan aplikasi ini akan disempurnakan penyesuaian Satpas Polresta Malang Kota.

"Untuk di Kota Malang kami masih akan lakukan maintenance. Karena harus menyambungkan dengan Satpas Polresta Malang Kota," katanya Rabu (14/4/2021).

Dijelaskan, aplikasi ini anggapnya sangat mudah dan banyak fiturnya. Masyarakat tidak perlu mengantri untuk mengurus perpanjangan SIM, karena untuk perpanjangan SIM A dan SIM C melalui aplikasi SINAR bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. 

Selain itu, masyarakat bisa menerima SIM yang sudah jadi langsung ke rumah masing-masing atau mengambilnya sendiri di Kantor Satpas Polresta Malang Kota. 

Jika tidak ingin mengambil sendiri di kantor Satpas, masyarakat dapat memilih ekspedisi yang diinginkan, baik melalui ojol atau ekspedisi POS Indonesia.
 
"Semuanya sudah tersedia di aplikasi ini, termasuk metode pembayarannya dan untuk saat ini kami sudah bekerja sama dengan Bank BNI," ujarnya. 

Pada aplikasi tersebut menurutnya, saat ini masih melayani jenis perpanjangan SIM saja.  Belum bisa melayani pembuatan SIM baru. Untuk perpanjangan SIM, semua persayaratan dan prosedur bisa diakses secara online di aplikasi tersebut. 

"Untuk gambaran pemakaian aplikasi ini seperti mengurus di Satpas, mulai dari pendaftaran, lanjut tes kesahatan dan psiko tes. Kemudian pembayaran dan SIM sudah dapat diterima," bebernya. 

Ditambahkannya, ini sebagai bentuk pelayanan terkait perpanjangan SIM, untuk memudahkan masyarakat. Selain itu juga sebagai bentuk upaya, memutus rantai persebaran Covid-19. (rex/aim)
 


BERITA TERKAIT