Gedung Sekolah Ambruk Akibat Gempa Tak Pengaruhi Belajar Tatap Muka | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Gedung Sekolah Ambruk Akibat Gempa Tak Pengaruhi Belajar Tatap Muka

Gedung Sekolah Ambruk Akibat Gempa Tak Pengaruhi Belajar Tatap Muka Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Rizqi (kiri) menyerahkan bantuan untuk anak korban gempa bumi melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat .

Klikapa.com -Meski rencana sekolah tatap muka diganggu dengan sejumlah gedung sekolah rusak akibat gempa, Dinas Pendidikan Kabupaten Malang memastikan rencana uji coba kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) tetap dilakukan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Rahmad Hardijono mengatakan, gempa bumi yang terjadi Sabtu (10/4) lalu, akibatkan 180 gedung sekolah rusak ringan, sedang dan berat.

“Dari 180 sekolah yang terdata rusak akibat gempa bumi, 25 di antarannya mengalami kerusakan berat. Gedungnya tidak bisa lagi digunakan, sehingga harus dirobohkan supaya tidak membahayakan,” kata Rahmat, Kamis (15/4/2021).

Kendati begitu Rahmat memastikan rencana uji coba kegiatan PTM tetap dilakukan. Jika tidak bisa menempati gedung karena rusak, kegiatan PTM diakuinya bisa digelar di tenda darutat. Namun tetap wajib menerapkan protokol kesehatan, karena masih pandemi Covid-19. 

“Beberapa sekolah memang bangunan kelasnya rusak, tapi bangku masih utuh. Nah karena ruangan yang tidak memungkinkan, serta khawatir ada gempa susulan jadi kami siapkan tenda darurat. Kebetulan juga baru mendapat bantuan dari Kemendikbud,” terangnya. 

Rahmat mengatakan, untuk meyakinkan anak-anak ke sekolah pasca terjadi gempa harus ada peran serta dari orangtua. 

“Terutama harus ada izin dari orangtua untuk meyakinkan anak kembali ke sekolah,” tandasnya.

Sementara itu, bantuan untuk korban bencana gempa terus mengalir. Kali ini datang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bantuan diberikan pada anak-anak korban bencana gempa dan sekolah yang terdampak. 

Bantuan diserahkan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Rizqi melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Kamis (15/4). Usai diterima, bantuan langsung didistribusikan.(ira/agp)
 


BERITA TERKAIT